Langsung ke konten utama

Jangan Salah, Ini Dia Perbedaan Rosacea Dan Jerawat

Rosacea dan jerawat sama-sama merupakan kondisi yang menyerang pori-pori kulit. Keduanya dapat menimbulkan benjolan dengan bentuk yang mirip sehingga sering disamakan antara satu sama lain.

Namun, Anda perlu mengenali perbedaan kedua kondisi ini agar penanganannya tidak keliru. Berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya:

1. Bentuk dan penampilan

Perbedaan mencolok dari rosacea dan jerawat ada pada bentuk dan penampilannya. Secara umum, rosacea tampak seperti ruam kemerahan pada hidung, pipi, dahi, dan dagu. Bahkan, ruam kemerahan ini juga tampak pada telinga, dada, dan punggung.

Jerawat umumnya berbentuk benjolan dengan tepi kemerahan. Jerawat sendiri bisa terjadi di mana saja, tapi yang terutama ada di bagian tubuh yang banyak memproduksi minyak, seperti wajah, dahi, dada, punggung, dan pundak.

2. Jenis dan gejala yang menyertai

Perbedaan lain antara rosacea dan jerawat adalah, keduanya memiliki jenis yang berbeda masing-masingnya. Rosacea terbagi menjadi empat subtipe dengan gejalanya masing-masing, yakni:

  • Erythematotelangiectatic rosacea: ruam kemerahan dan pembuluh darah tampak halus.
  • Phymatous rosacea: penebalan kulit disertai tekstur yang menonjol.
  • Papulopustular rosacea: kemerahan, bengkak, dan breakout seperti jerawat.
  • Ocular rosacea: rosacea pada mata yang menyebabkan mata bengkak, iritasi, dan muncul bintil.

Seperti rosacea, jerawat pun terdiri atas beberapa jenis. Setiap jenisnya juga memiliki tampilan dan gejala yang berbeda. Jenis jerawat antara lain:

  • Komedo putih
  • Komedo hitam
  • Papula: benjolan merah padat berukuran kecil
  • Pustula: benjolan papula dengan nanah di dalamnya
  • Nodul: benjolan nyeri yang berada di bawah permukaan kulit
  • Jerawat kistik: benjolan nyeri berisi nanah yang ada di bawah permukaan kulit

3. Faktor penyebab

Perbedaan lain antara rosacea dan jerawat terletak pada penyebabnya. Belum diketahui apa yang menjadi penyebab pasti rosacea. Namun, beberapa faktor berikut bisa meningkatkan risiko Anda kena rosacea, yakni:

  • Kelainan pada pembuluh darah wajah
  • Mikroba pada kulit berupa H. pylori dan Demodex folliculorum
  • Warna kulit yang terang
  • Riwayat rosacea dalam keluarga

Berbeda dengan rosacea, jerawat disebabkan oleh kelebihan produksi sebum (minyak) dan penumpukan sel kulit mati sehingga menyumbat pori-pori. Sumbatan ini kemudian mengalami infeksi sehingga membengkak, memerah, dan akhirnya membentuk jerawat.

4. Pemicu

Perbedaan antara rosacea dan jerawat selanjutnya adalah hal yang memicunya. Rosacea dipicu oleh berbagai hal yang memicu aliran darah ke wajah. Misalnya suhu panas, olahraga, sinar matahari, angin, obat hipertensi, stres, serta rasa cemas.

Sementara itu, pemicu utama jerawat adalah lonjakan hormon androgen. Hormon ini memicu produksi sebum berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Selain itu, jerawat juga dapat dipicu oleh stres, obat yang memengaruhi hormon, menstruasi, dan pola makan tinggi gula.

5. Cara penanganan

Anda yang rentan mengalami rosacea perlu hati-hati mengenali perbedaan antara kondisi ini dan jerawat biasa. Sebab, cara menangani keduanya tidaklah sama.

Rosacea dapat ditangani dengan obat penghilang kemerahan pada kulit, antibiotik, isotretinoin, dan terapi untuk mengecilkan pembuluh darah pada wajah.

Anda juga bisa memijat bagian wajah yang memerah untuk melancarkan aliran darah.

Sementara itu, obat untuk jerawat perlu ditentukan berdasarkan keparahannya. Jerawat ringan bisa diatasi dengan obat krim, gel, dan losion yang dijual bebas. Namun, jerawat yang parah biasanya perlu ditangani dengan asam salisilat, antibiotik kuat, hingga suntikan steroid.

Meskipun penampilan dan gejalanya amat mirip, rosacea dan jerawat merupakan dua kondisi yang memiliki berbagai perbedaan. Anda perlu memahami perbedaannya agar tak salah ketika mengobatinya.

Apabila Anda mendapati ruam kemerahan pada wajah tapi tidak yakin akan jenisnya, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back :).  Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutny

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tila