Langsung ke konten utama

5 Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata

 

Masalah penglihatan adalah salah satu masalah krusial dalam kesehatan maupun fungsi tubuh manusia. Seiring bertambahnya usia, biasany penglihatan seseorang mulai kabur. Tak hanya itu, ketegangan otot mata yang sulit dihindari akibat aktivitas jarak dekat juga dapat memperburuk kondisi mata seseorang.

Meski begitu, risiko gangguan kesehatan mata ini dapat menurun secara signifikan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Hal ini terutama berkaitan dengan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kita.

Nutrisi-nutrisi tersebut dapat kita temui dalam berbagai makanan di bawah ini :

1. Labu Kuning dan Ubi jalar

Labu juga menjadi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin yang memberikan manfaat tersebut. Nutrisi lain yang terkandung dalam labu antara lain vitamin C, vitamin A, seng, dan asam lemak omega-3.

Ubi jalar kaya akan beta karoten. Ubi jalar juga merupakan sumber antioksidan vitamin E. Melansir dari Web MD, satu ubi jalar memiliki lebih dari setengah vitamin C harian. Mengganti sumber karbohidrat Anda dengan ubi jalar sesekali dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan mata.

2. Bayam dan Sayuran Hijau

Bayam juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga mampu mencegah glaukoma. Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin dan juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mata. Sayuran hijau yang terkenal baik untuk mata misalnya bayam dan kale.

3. Ikan Tuna, Salmon dan Sarden. 

Banyak ikan kaya akan sumber asam lemak omega-3, terutama jenis ikan berminyak atau berlemak. Ikan yang mengandung kadar omega-3 paling tinggi seperti tuna, salmon, mackerel, teri, kembung, sarden. Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak ikan dapat menyembuhkan mata kering, termasuk akibat terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer.

4. Kacang Almond

Kacang-kacangan dan polongan-polongan juga baik untuk kesehatan mata. Jenis makanan ini mengandung vitamin E yang melindungi sel mata dari radikal bebas. Melansir dari US News, vitamin E juga memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi makula yang merupakan gangguan penglihatan terkait usia. Beberapa jenis kacang-kacangan dan polong-polongan yang baik untuk kesehatan mata antara lain kenari, kacang brazil, kacang mete, almon, biji bunga matahari, kacang tanah, dan hazelnut.

5. Jeruk dan Jenis Berry

Buah jeruk kaya vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan oleh American Optometric Association (AOA) yang bermanfaat untuk melawan kerusakan mata terkait usia. Selain itu, jeruk juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kedua nutrisi ini juga baik untuk kesehatan mata.

Yuk coba rutin konsumsi makanan diatas untuk membantu menjaga kesehatan matamu. Semoga bermanfaat ya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back :).  Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutny

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tila