Langsung ke konten utama

Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kesehatan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo temen-temen, apa kabar hari ini?

Saat musim hujan, memang paling enak jika pagi-paginya diawali dengan mandi air hangat. Kalau ada orang yang mandi dengan air dingin, mungkin bisa dikatakan menyiksa diri. Tapi jangan salah, mandi dengan air dingin sebenarnya memiliki banyak khasiat, bahkan di saat cuaca dingin.

Berbeda dengan anggapan banyak orang di mana suhu dingin diyakini memicu pilek dan flu, ternyata penelitian menunjukkan bahwa suhu dingin sebenarnya dapat membantu tubuh tetap sehat. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mandi air dingin.

beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Menangkal Bakteri dan Kuman Penyakit

Jika habis terkena cuaca dingin kemudian langsung terjun ke air ingin, akibatnya bisa terkena serangan dingin yang mematikan dalam waktu 3 - 5 menit. Cuaca dingin ekstrem akan memicu kekacauan detak jantung yang berakibat fatal, terutama pada orang tua atau orang yang kurang sehat orang.

Tapi di pagi hari yang biasa, mandi air dingin akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dipimpin Profesor Vijay Kakkar, pendiri Trombosis Research Institute di London, menunjukkan bahwa air dingin meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi sel kekebalan tubuh.

Teorinya adalah ketika tubuh mencoba menghangatkan diri selama dan setelah mandi air dingin, tingkat metabolismenya akan dipercepat sehingga sistem kekebalan tubuh juga akan aktif. Akibatnya, tubuh akan lebih banyak melepaskan sel darah putih yang penting untuk melawan kuman penyakit.

2. Mengusir Nyeri

Di China, ada bentuk pengobatan mirip akupunktur yang menggunakan es atau disebut akupresur es. Caranya, es diletakkan pada titik-titik penting di tubuh. Meskipun bukti medisnya kurang begitu jelas, teknik ini dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa orang.

3. Membantu Ibu Melahirkan

Pemijatan dengan es bisa menjadi terapi bagi wanita yang hendak melahirkan, demikian kesimpulan sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam jurnal Complementary Therapies di Clinical Practice. Wanita yang menjalani pijat es berkurang rasa sakitnya untuk waktu yang lama secara signifikan.

Pada tahun 1880-an, seorang naturopati asal Jerman bernama Louis Kuhne menciptakan metode mandi dingin di mana pinggul terendam air dengan kaki diangkat agar tidak ikut terendam. Metode ini disebut-sebut dapat membantu meringankan berbagai penyakit, terutama gangguan anus dan rektum, termasuk rasa nyeri setelah melahirkan.

Dalam sebuah penelitian di tahun 1986 terhadap 40 pasien yang menjalani episiotomi atau pembedahan untuk memperbesar jalan lahir, peserta yang menjalani mandi dingin mengaku lebih berkurang nyerinya daripada yang mandi air panas. Cara ini kemudian diganti dengan kompres dingin sebagai pembiusan lokal dalam dunia kebidanan.

4. Meringankan Cedera

Para ahli fisioterapi dan olahragawan telah lama mengetahui efek penyembuhan dengan menggunakan es, namun bukti medisnya baru ditemukan akhir-akhir ini. Biasanya cedera olahraga ditangani dengan segera menempelkan es ke daerah yang terluka selama 10 - 30 menit.

Bukti penelitian akhirnya menunjukkan bahwa es dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan secara signifikan, namun harus dilakukan segera setelah cedera terjadi. Menunggu terlalu lama saat peradangan dan kerusakan jaringan sudah terjadi tidak akan banyak berguna.

5. Membantu Meringankan Migrain

Ternyata es juga dapat membantu orang yang menderita migrain. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengompres air dingin kepala dapat membantu mengurangi rasa nyerinya. Pada tahun 2006, para peneliti di Turki menemukan bahwa pasien migrain yang diobati dengan terapi dingin berkurang rasa nyerinya secara signifikan.

Jadi guys, rajin mandi air dingin ya, lebih bagus lagi bangun pagi hari sebelum subuh dan langsung mandi, sangat bagus sekali untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back :).  Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutny

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tila