Langsung ke konten utama

Tubuh Terasa Lelah Meskipun Istirahat Cukup

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo temen-temen, apa kabar hari ini?


Lemas dan tak bergairah adalah salah satu cara tubuh untuk meminta istirahat. Biasanya setelah cukup istirahat, tubuh akan kembali segar dan siap menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, apa yang salah jika setelah istirahat yang cukup, tubuh masih terus merasa lelah? Jika Anda sudah istirahat tapi masih lelah, jangan anggap sepele. Kenali penyebab tubuh lelah Anda agar bisa segera ditangani dengan tepat. Yuk kita pahami permasalahannya agar tubuh kembli fit dengan istirahat cukup dan melakukan beberapa tips dibawah ini.

1. Stress

Hal lain yang dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari adalah stres. Sebab saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang besar. Ketahuilah bahwa produksi hormon kortisol dalam jumlah tinggi dapat mengganggu ritme tubuh Anda, dan rasa lelah akan muncul sebagai hasilnya. Jika seseorang sedang banyak pikiran, biasanya akan jadi sulit tertidur. Meskipun begitu, Anda dapat mengurangi stres dengan beragam cara, seperti meditasi, melakukan latihan pernapasan dalam (deep breathing), menjalani hobi, berkumpul dengan para sahabat, dan lainnya.

2. Kekurangan Cairan

Anda akan semakin mudah merasakan lelah saat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Sebab sebagian besar tubuh Anda terdiri dari air, dan kurang minum bisa jadi pemicu tubuh merasa lemas dan lelah. Minumlah setidaknya enam gelas air putih setiap harinya. Kebiasaan ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh Anda, sehingga terhindar dari kondisi sulit tidur di malam hari.

3. Pola Makan yang tidak Baik

Pola makan yang buruk bisa berdampak pada suasana hatimu sepanjang hari. Jika kamu makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bisa menyebabkanmu lebih lelah dari biasanya. Nah, kalau kamu terbiasa makan nasi sebagai sarapan, mungkin sudah saatnya kamu mengubah pola makanmu. Kamu bisa mengganti nasi dengan buah-buahan. Tak perlu terserang maag karena buah-buahan yang asam, lambungmu hanya perlu sedikit waktu untuk beradaptasi dan setelahnya kamu sudah bisa mulai rutin sarapan buah.

4. Kurang Olahraga ‍

Walaupun tidur sesuai waktu yang direkomendasikan, belum tentu tidur Anda berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas berpotensi membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Salah satu penyebab tidur Anda tak berkualitas adalah kurang olahraga.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Hindari berolahraga pada waktu yang sangat dekat dengan jam tidur. Rasa lelah yang timbul bisa jadi malah membuat Anda sulit tidur dan terjaga sepanjang malam. Jika ingin berolahraga pada malam hari, sebaiknya lakukan tiga jam sebelum tidur. Pilihlah olahraga yang dapat meningkatkan kualitas tidur, seperti yoga.

5. Kadar Gula darah Tidak Seimbang

Penyakit diabetes, yang ditandai dengan gula darah tinggi, dapat menjadi penyebab tubuh lelah. Walaupun Anda tidak memiliki diabetes, gula darah yang tidak seimbang seperti jika mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat juga dapat membuat tubuh mudah lelah. Saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula, akan terjadi lonjakan kadar gula darah. Tubuh akan menghasilkan hormon insulin untuk memasukkan gula dalam sel, sehingga kadar gula darah kembali normal. Lonjakan kadar gula dalam darah serta penurunannya, dapat menimbulkan kelelahan.

6. Punya Masalah Kesehatan

Jika kamu pikir pola makanmu sehat, minum air putih cukup dan kamu gak merasa punya stres dan olahraga teratur namun tetap saja merasa lelah, maka ada yang salah dengan tubuhmu yang mungkin belum kamu tahu.

Banyak penyebab kelelahan luar biasa, salah satunya adalah anemia sehingga sel darah merahmu tak bisa membawa oksigen dalam jumlah cukup ke seluruh tubuh. Kondisi lainnya mungkin kamu memiliki gangguan tiroid. Jadi agar mendapatkan saran medis yang terpercaya, lebih baik kamu konsultasi dengan dokter saja.

Cukup ingat, jika kamu merasa jam tidurmu sudah cukup namun tetap merasa lelah, sebaiknya kamu mulai memerhatikan kualitas tidur yang baik agar tak merasa lelah di siang hari. Memiliki gaya hidup yang baik dapat memberimu manfaat yang besar, maka cobalah untuk membuat agar setiap tidurmu berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back :).  Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutny

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tila