Langsung ke konten utama

Jenis-Jenis Jerawat dan 10 Tips Untuk Kulit Bebas Jerawat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo temen-temen, apa kabar hari ini?

Sebelum kita ke tips untuk kulit bebas dari jerawat, temne-temen harus tau dulu jenis-jenis jerawat itu apa aja sih! Agar penyelesaian sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi oleh kulit mu. Jerawat itu ternyata beda dan banyak tipenya loh, apa aja itu? Yuk kita bahas.

1. Komedo (blackhead / whitehead)

Ketika komedo berada tepat di bawah lapisan kulit, kepala komedo itu akan berwarna putih dan disebut komedo tertutup atau whitehead. Ketika komedo terbuka dan muncul di permukaan kulit, produksi minyak berlebih akan berekasi dengan udara, kemudian kepala komedo menjadi bewarna hitam inilah yang disebut dengan komedo terbuka atau blackhead.

2. Papula

Papula merupakan benjolan – benjolan kecil yang berwarna merah dan timbul pada permukaan kulit. Jika mencolek jerawat berjenis papula ini maka bisa mengakibatkan bekas luka jika sudah mengering atau sembuh.

3. Pustule

Pastula ini dasarnya berwarna merah, dan kepala nya yang bewarna putih. Jerawat jenis pustule ini dipenuhi dengan nanah dan jika anda menyentuhnya dan mengopeknya maka bisa mengakibatkan bopeng.

4. Nodule

Nodul dapat mendatangkan rasa perih atau sakit. Sesudah bintilnya menghilang, maka akan meninggalkan bekas luka yang menjadi flek atau noda hitam.

5. Jerawat batu

Jerawat kistik ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan juga terbentuk didalam kulit yang jauh serta dipenuhi dengan nanah atau cairan – cairan jernih. Jerawat batu atau jerawat ksitik ini menimbulkan rasa sakit dan juga bisa meninggalkan bekas yang bisa membuat kulit wajah anda penuh dengan noda atau flek hitam.

Setelah tau jenis-jenisnya, barulah kita masuk ke tahap penyembuhan agar kulit bersih dan bebas dr jerawar. 10 Tips Agar Kulit Wajah Bebas Jerawat :

1. Cuci Wajah secara teratur

Cuci muka dua kali sehari dengan sabun sulfur yang khusus dibuat untuk kulit berjerawat. Cuci muka ketika bangun tidur dan sebelum tidur di malam hari. Jangan menggosok terlalu keras, hindari menggunakan segala jenis kain kasar.

2. Jauhkan rambut dari Wajah ‍

Rambut panjang yang kadang kala menempel pada wajah juga menyebabkan jerawat. Cuci rambut secara teratur agar tetap bersih dan bebas ketombe. Sangat dianjurkan untuk menarik rambut dari wajah Anda.

3. Diet seimbang ‍

Diet gizi seimbang adalah suatu keharusan untuk menjaga kulit berkilau dan sehat. Diet yang kaya buah-buahan dan sayuran segar akan menjaga kulit Anda bersinar dan sempurna.

4. Chromium Dalam Makanan

Konsumsi suplemen kromium sekali sehari untuk mengobati pimples dengan cepat dan menjaga kulit Anda tetap bersinar!

5. Cukup Tidur

Cara termudah agar kulit wajah bebas jerawat adalah tidur selama 7-8 jam setiap hari. Tidur nyenyak membersihkan tubuh Anda dari dalam, menghilangkan racun dan dengan demikian, menjaga seluruh sistem tubuh Anda berfungsi dengan baik.

6. Masker Madu

Madu bekerja sebagai obat mujarab untuk jerawat karena mengandung sifat antibakteri yang membantu dalam memurnikan dan menyembuhkan jerawat dan noda. Madu sangat menenangkan untuk kulit sensitif; oleskan masker madu pada wajah Anda setiap minggu untuk hasil terbaik.

7. Hindari Menggunakan Makeup ‍

Hindari menggunakan makeup sebisa mungkin, karena makeup mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kulit, meningkatkan masalah jerawat dan pimples. Jika Anda perlu untuk merias wajah, hapus makeup sebelum tidur.

8. Jangan Menyentuh Jerawat

Menyentuh dan memencet pimples dapat membawa bakteri ke permukaan yang menyebabkan peradangan dan lebih banyak jerawat.

9. Minum Banyak Air

Minumlah 8-10 gelas air setiap hari agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik sehingga dapat mempertahankan tekanan darah dan melenyapkan racun yang menyebabkan jerawat. Dehidrasi menyebabkan kulit keriput, kering dan kusam. Air juga membantu dalam membuat kulit lebih elastis, memicu pertumbuhan dan perbaikan sel.

10. Cuci Sarung Bantal

Ketika Anda tidur, wajah Anda kontak dengan sarung bantal. Sarung bantal ini menyerap minyak dan mengembalikan kotoran dan minyak dari wajah Anda. Hal ini menyebabkan infeksi dan lebih banyak jerawat di wajah Anda. Oleh karena itu, sangat penting mencuci sarung bantal agar kulit wajah bebas jerawat.

Itulah tips agar kulit terbebas dari jerawat, semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back hehe Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutnya. Dan garnier micellar water ini yang nyaman bang