Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Kapalan Pada Tangan dan Kaki Agar Kembali Mulus

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo temen-temen, apa kabar hari ini?

Gesekan dan tekanan yang berulang pada permukaan kulit dapat memicu pembentukan kapalan. Kulit telapak tangan Anda pun tidak luput dari kondisi ini. Meski tidak menyakitkan ataupun mengganggu kegiatan sehari-hari, penebalan kulit pada tangan kapalan biasanya lama hilang dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Inilah mengapa Anda perlu mengetahui cara menghilangkan kapalan di tangan yang ampuh.

Kulit yang terus-menerus mengalami gesekan bisa mengalami iritasi, bahkan kerusakan. Gesekan ini dapat berasal dari penggunaan alat musik, olahraga, penggunaan sepeda, atau pekerjaan yang banyak menggunakan tangan. Kulit Anda pun merespons hal tersebut dengan membentuk lapisan kulit ekstra yang keras untuk melindungi lapisan kulit di bawahnya.

Ciri khas dari kapalan adalah terbentuknya area kulit yang kasar dan menebal. Area kulit ini juga dapat terasa mengeras atau timbul menyerupai benjolan. Biasanya, kapalan lebih banyak terbentuk pada telapak kaki, tumit, mata kaki, lutut, dan telapak tangan. Ukuran dan bentuknya bisa bervariasi, tapi secara umum lebih besar dibandingkan mata ikan.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kapalan, terutama di bagian tangan.

1. Merendam tangan dengan air hangat

American Academy of Dermatology menyarankan cara menghilangkan kapalan di tangan dengan air hangat sebelum Anda mencoba metode lain. Caranya, siapkan air hangat di dalam baskom dan rendam tangan Anda selama kira-kira 5-10 menit.

Setelah itu, keringkan tangan Anda menggunakan handuk. Lapisan kulit yang menebal akan melunak sehingga bisa disingkirkan dengan cara digosok. Lakukan cara ini secara rutin hingga kapalan pada tangan hilang seluruhnya.

2. Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang mengandung komponen antijamur, antibakteri, dan antiseptik alami. Campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam satu baskom air hangat. Lalu, rendam tangan Anda hingga kulit yang tadinya kasar menjadi lunak.

Jangan merendam tangan Anda lebih dari 15 menit. Pasalnya, kandungan dalam minyak esensial ini sangat kuat dan justru dapat merusak lapisan kulit jika tangan Anda direndam terlalu lama.

3. Menggunakan produk mengandung asam salisilat

Cara ain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di tangan adalah dengan menggunakan produk mengandung asam salisilat. Bahan ini dapat menguraikan protein dan keratin yang terdapat pada lapisan kulit mati. Karena fungsi inilah, asam salisilat dapat digunakan untuk mengatasi kapalan pada tangan.

Produk-produk mengandung asam salisilat biasanya berbentuk krim, plester, atau pad yang bisa langsung digunakan pada kulit. Saat digunakan, lapisan kulit yang mengalami kapalan akan berubah warna menjadi putih dan bisa disingkirkan dengan mudah.

4. Merendam tangan dalam larutan garam epsom

Disebut juga sebagai magnesium sulfat, garam epsom terbuat dari senyawa kimia mengandung magnesium, belerang, dan oksigen. Produk ini biasanya digunakan dengan cara mencampurkannya ke dalam air untuk berendam.

Garam epsom adalah eksfoliator alami yang dapat membuang sel-sel kulit mati. Untuk menggunakannya, campurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam satu baskom air. Kulit tangan yang mengalami kapalan lama-kelamaan akan melunak dan Anda bisa menyingkirkannya dengan mudah.

Anda dapat menerapkan berbagai cara menghilangkan kapalan secara mandiri menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Namun, Anda tetap harus mengikuti instruksi pemakaian untuk mencegah efek samping pada kulit akibat penggunaan yang salah atau berlebihan. Jangan pula memotong lapisan kulit yang kapalan karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit. semoga bermanfaat ya. Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back hehe Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutnya. Dan garnier micellar water ini yang nyaman bang