Langsung ke konten utama

Bahan Dapur Ini Bisa Mengobati Sakit Gigi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo temen-temen, apa kabar hari ini?


Bukan cuma bikin ga Mood, sakit gigi membuat ngilu saat makan, bahkan sampai menyebabkan sakit kepala dan badan meriang. Tenyata sakit gigi bisa diatasi dengan bahan bahan dapur lho, bahan alami ini mudah sekali penggunaan dan pembuatannya, apa saja? Yuk simak beberapa obat sakit gigi yg bisa kita gunakan dirumah.

1. Kumur air garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang paling cepat dan ampuh, apa pun penyebabnya, adalah dengan berkumur air garam. Cara membuatnya cukup dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi. Sebelum berkumur, Anda bisa flossing lebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

2. Kompres Air Es

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah dengan kompres es. Masukkan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa tempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa.

Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan kompres es batu untuk mengobati sakit gigi. Pijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Pada area ini terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan “dingin” sehingga akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi Anda. Jangan lupa  pijat tangan di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu.

3. Kunyah Bawang

Jika ngilunya tidak seberapa, mungkin cara mengobati sakit gigi yang satu ini bisa Anda coba. Bawang merah dan bawang putih adalah obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui orang-orang. Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.

Bisa juga menggunakan bawnag merah. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang nyut-nyutan. Saat terkoyak oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang, iris tipis bawang dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres.

4. Kumur Cuka Apel

Jika Anda kurang berminat dengan asinnya air garam, mungkin cara mengobati sakit gigi ini bisa jadi pilihan. Cuka dapur dan cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi. Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan dulu 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan di daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, Anda bisa teteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera berkumur dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat herbal yang sudah lama digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” sementara. Namun, hati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi.

Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakitnya akan semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif. Amannya tuangkan dulu dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas, kemudian tempelkan di gigi yang bermasalah. Kompres sampai rasa sakitnya mereda. Anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tahan di lokasi gigi yang sakit. Setelahnya, kumur untuk membilas sisa-sisa cengkeh yang mungkin tertinggal dalam mulut.

6. Daun Jambu Biji

Jangan buang daun jambu jika Anda baru saja beli buahnya. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa jadi cara mengobati sakit gigi di rumah. Caranya dengan melipat atau menggulung satu-dua lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai ekstrak airnya keluar.

Dengan lidah Anda “tangkap” sari tersebut dan oleskan pada area gigi yang sakit. Jika cara ini sulit buat Anda, coba rebus empat sampai lima lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam. Kemudian dinginkan sebentar. Gunakan larutan daun jambu ini sebagai obat kumur.

Selain cara diatas, kamu bisa iringi dengan konsumsi obat, seperti asam mefenamat, cataflam, atau pereda nyeri gigi lainnya. Jika cara diatas blum cukup membantu, kamu bisa langsung konsultasikan ke dokter gigi, karna kl sakit gigi karna giginya berlubang, maka giginya harus ditambal, obat hanya meredakan sakitnya saja. Dan jangan lupa buat sering-sering sikat gigi yaa agar gigi kita sehat. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back :).  Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutny

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Baca juga :  Urutan pemakaian skincare yang benar Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tila