Langsung ke konten utama

Bahan Alami dan Herbal Untuk Obati Batuk/Pilek Pada Bayi dan Balita

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo apa kabar temen-temen hari ini?

Musim yang tidak menentu seperti sekarang, membuat tubuh kita harus ikut merasakan naik turunnya suhu sekita yang dapat mengakibatkan pilek dan demam. Nah, untuk temen-temen yang susah minum obat sejenis sirup atau pil untuk mengobti pilek yang bisa datang kapan saja akibat cuaca yang tidak menentu ini. Temen-temen nggak usah khawatir ya, disini aku akan bagi tips, bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati pilek dengan bahan-bahan alami dan herbal. Yuk simak apa aja ya :

1. Berkumur dengan air garam

Campurkan garam halus dan air hangat, kemudian ajarkan anak untuk berkumur dengan air tersebut. Hal ini bisa membantu anak mengatasi gejala batuk pilek

2. Campuran kacang almond dan susu

Obat tradisional untuk atasi batuk anak bisa dibuat dengan cara mencampurkan pasta kacang almond dengan susu hangat. Minta anak menjilati campuran ini sebanyak 3-4 kali sehari. Campuran almond dan susu bisa membantu mengurangi gejala batuk pilek yang dialami anak.

3. Susu campur kunyit

Susu dicampur dengan bubuk kunyit bisa mengobati tenggorokan kering, hidung meler, atau sakit tenggorokan pada anak ketika anak batuk pilek. Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan antiseptik yang membantu mengobati infeksi virus.

-          Cara membuat obat bapil anak dari bahan alami:

  • Siapkan segelas susu hangat
  • Tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit, aduk rata.
  • Minumkan pada anak setiap malam sebelum tidur.

4. Madu

Ada banyak cara menyajikan madu sebagai obat batuk pilek anak. Anda bisa mencampurnya dengan perasan jeruk lemon, atau campuran madu dengan air jahe. Semuanya sama-sama efektif meredakan gejala batuk dan pilek pada anak.

5. Lemon

Perasan jeruk lemon dengan madu adalah obat batuk pilek anak yang cukup efektif. Bila anak suka dengan rasanya, Anda bisa memberinya potongan jeruk lemon untuk dihisap.

6. Jahe

Bunda juga bisa membuatkan wedang jahe hangat, yang akan menghangatkan tenggorokan si kecil dan tubuhnya juga terasa lebih hangat.

Cara membuat obat bapil anak berbahan jahe:

  • Satu ruas jahe dicuci bersih, lalu bakar hingga aromanya keluar
  • Geprek jahe bakar, lalu rebus dengan 200 ml air hingga mendidih
  • Tambahkan gula merah atau madu sesuai selera
  • Diminum selagi hangat.

7. Bawang putih

Anda bisa membuat campuran jus madu dan bawang putih untuk membuat rasanya lebih enak untuk si buah hati. Selain mencampurnya dengan madu untuk dikonsumsi si kecil, Anda juga bisa membuat ramuan bawang putih bakar dan minyak yang digunakan untuk memijat leher dan dada anak. Cara ini diyakini bisa meredakan batuk pada anak.

8. Sup ayam

Para peneliti telah menemukan manfaat anti-peradangan pada semangkuk sup ayam. Sup ayam juga membantu meredakan gejala pilek, batuk, serta radang tenggorokan. Jangan lupa sajikan sup ayam hangat untuk anak ketika dia sakit, bumbu rempah yang ada di dalamnya bermanfaat sebagai obat herbal alami dalam melawan virus penyebab batuk pilek.

9. Cuka apel

Cuka apel memilik kandungan anti bakteri yang bisa membunuh patogen jahat di dalam tubuh. Juga bisa membunuh kuman penyebab infeksi dan sakit tenggorokan. Satu sendok makan cuka apel dicampur dengan parutan jahe dan madu bisa menjadi obat batuk alami yang ampuh untuk meredakan keluhan anak.

10. Bunga lawang

Bunga lawang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan tradisional. Rempah ini memiliki kandungan herbal yang membantu membersihkan lendir di saluran pernapasan. Juga memudahkan anak untuk mengeluarkan dahak, sehingga lebih cepat sembuh.

Cara membuat obat bapil anak berbahan jahe:

  • Satu sendok bunga lawang yang sudah dihancurkan dimasukkan ke dua gelas air mendidih, lalu aduk hingga hingga hanya tersisa 1 gelas air.
  • Tambahkan dua cangkir madu dan dinginkan
  • Simpan di dalam toples dan masukkan ke dalam kulkas.
  • Berikan setengah sendok makan ramuan ini untuk si kecil sebagai obat batuk alami.

Itulah dia bahan alami untuk obat atuk, semoga artikel ini dapat mebantu ya, terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back hehe Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutnya. Dan garnier micellar water ini yang nyaman bang