Langsung ke konten utama

10 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo temen-temen, apa kabar hari ini?

Bau badan yang tak sedap sangatlah mengganggu diri sendiri dan juga orang lain. Selain itu dapat mengurangi kepercayaan diri kita dalam bergaul secara sosial di tengah-tengah masyarakat di sekitar kita. Bau badan disebabkan oleh adanya bakteri yang bercampur keringt sehingga bercampur menghasilkan bau yang sangat tidak sedap. Bau badan sendiri tidak tau kapan datangnya, terkadang ketika kita yakin tidak akan menghasilkan bau yang kurang sedap namun tetap saja saat beraktifitas terlalu banyak bau badan akan datang. Banyaknya produk yang menawarkan berbagai jenis deodorant tidak menjadi jaminan bau badan akan berahan baik.

Berikut 10 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan :

1. Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)

Air jeruk nipis dicampur dengan sedikit kapur sirih lalu digosokkan kebagian tertentu seperti ketiak dipercaya mampu mengusir bau badan tidak sedap.

2. Daun Sirih (Piper Betle)

Daun sirih yang lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptik juga diketahui mengandung zat-zat aktif yang mampu menghilangkan bau badan. Sirih dikenal ampuh menghilangkan bau badan terutama yang ditimbulkan bakteri atau jamur. Kandungan kimia minyak asiri dalam daun sirih antara lain kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol dan zat samak.

Untuk menghilangkan bau badan, salah satu cara adalah dengan merendam beberapa air panas. Setelah dingin, airnya diminum. Dapat pula ditambahkan gula putih secukupnyauntuk menambah rasa. Cara lainnya adalah dengan menghaluskan daun sirih dengan kapur lalu dioleskan ke ketiak.

3. Cengkih (Eugenia Aromatica)

Beberpa kuntum bunga cengkeh direndam sehinga mengembang kemudia airnya diminum. Air rebusan beberapa kuntum cengkeh dengan gula merah dapat pula menjadi minuman segar dan menghanagtkan dikala hujan.

4. Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Zat – zat yang terkandung di dalam temulawak adalah sapomin, flavoinoida dan minyak asiri untuk menghilangkan bau badan. Caranya ialah minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong – potong halus.

Air perasan temulawak yang sudah diparut dengan tambahan sedikit madu juga dapat diminum untuk menghilangkan bau tak sedapyang keluar dari tubuh. Selain itu, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, dan didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Daun Beluntas (Pluchea Indica)

Tanaman yang biasa digunakan sebagai pagar hidup ini mempunyai sifat khas berbau langau dan berasa getir. Daun dan bunganya mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptik. Kandungan kimianya antara lain asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi vitamin A & C. Untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas biasa dilalap mentah atau dikukus terlebih dahulu. Daun beluntas yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui).

Jika biasanya menyantap daun beluntas, bau badan akan hilang. Selain itu, bau mulut yang kurang sedap pun akan hilang. Bagi yang tidak suka, bisa dengan meminum air rebusan daunnya setiap pagi dan sore. Beluntas juga bermanfaat menurunkan suhu tubuh untuk mendinginkan tubuh sehingga banyak keringat dan suhu tubuh menjadi turun.

6. Ketimun (Cucumis Savitus)

Satu buah ketimun muda dikupas kulitnya lalu digosokkan ke bagian badan yang berbau hingga berulang sehabis mandi.

7. Daun Kemangi (Ocimun Baliscium)

Zat aktif yang terkandung dalam daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Untuk mendapatkan menfaat daun ini juga digunakan sebagai lalap mentah atau sebagai sayuran urap yang juga mentah. Daun kemangi juga mengandung zat yang meningkatkan selera makan. Bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi, jika mengkonsumsi daun kemangi kurang lebih satu genggam pagi dan sore selama masa haid akan terhindar dari bau tidak sedap yang sering menimpa perempuan haid.

8. Bunga Kecombrang (Nicolaia Speciosa)

Zat aktif yang terkandung didalamnya yang dapat menghilangkan bau badan adalah sapomin, flavoinoida dan polifenol. Kecombrang dapat dimanfaatkan dengan memasak daun muda dan bunganya dimakan sebagai teman makan nasi. Didaerah tertentu kecombrang biasa dimasak sebagai sayur lodeh.

9. Jahe (zingiber Officanale)

Banyak orang India percaya bahwa jika mengkonsumsi jahe membuat mereka tercium manis.

Menurut Peng Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat menghilangkan bau badan dan mendekatkan kepada aura spiritual. Wedang jahe jika dikonsumsi secara terarur bisa jadi sangat membantu mengatasi masalah bau badan.

10. Jeruk Purut (Citrus Bystrix)

Kulitnya mengandung minyak asiri yuang berbau harum. Jeruk purut dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cara meminum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersama – sama dengan air secukupnya.

Itulah dia beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan bau badan. semoga bermanfaat ya. Terimakasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Komentar

  1. Membaca artikel ini serasa kembali ke alam, memang bermanfaat ketika membaca beberapa bahan diatas efektif mengurangi bau badan. Ada bahan alami selain kosmetika yang bisa dimanfaatkan untuk penggunaan.

    BalasHapus
  2. wahh banyak herbs alami yang punya manfaat menghilangkan bau badan yaa. Saya seringnya sih minum ekstrak temulawak, tp sblumnya ga tahu kalau temulawak punya khasiat menghilangkan bau badan juga.
    Terima kasih insightnya Mas

    BalasHapus
  3. Dulu di rumah Ibuku, beliau sampai menanam bluntas lho. Buat kami-kami yang remaja deh. Maklum...wkwkwk...remaja kaaan bau badannya ampun deh...
    Kalau di rumahku sih ada pohon sirih. Sama manfaatnya...
    Banyak ternyata ya...tanamen menghilangkan bau badan

    BalasHapus
  4. Waksss baru tau kalo luntas bisa menghilangkan bau badan dan bau mulut. Baunya aja kek begitu, kebayang kalau mau ngelalap wkwkwk. Mungkin coba pake air rebusannya yah.

    BalasHapus
  5. Emang ya kak kalau bau badan itu bikin rasa percaya diri kayak anjlok banget hahaha. Aku cuma pernah denger beluntas sih bisa bikin bau badan ilang, eh ternyata banyak rempah-rempah lain juga yah

    BalasHapus
  6. Suka sekali dengan daun kemangi. Sering bikin sambel sama ayam goreng trus lalap nya duan kemangi sama kubis. Ya semacam penyetan biasanya. Penasaran sama bunga kecombrang, sering dengar namanya tapi belum pernah coba

    BalasHapus
  7. saya termaauk yg paling gak bisa kl ada yg bau badan. tapi saya gak tau juga sih apa saya juga kena bau badan hahaha. makasih resep2nya, banyak herbal unt mengatasinya ya

    BalasHapus
  8. Bolen dicoba cara diatas apalagi buat orng seperti saya yang kerjanya salalu berkeringat, makasih lho mbak info nya mengenai tips ini

    BalasHapus
  9. terima kasih tipsnya. punya bau badan karena keringat berlebih menurutku gak nyaman banget. jadi ada jarak kalo akan bersosialisasi

    BalasHapus
  10. dulu, ibu saya rutin merebus daun sirih tiap pagi trus airnya diminum oleh kami sekeluarga terutama saya dan adik. katanya anak perempuan harus bisa menjaga badannya, nih minum supaya gak bau badan

    BalasHapus
  11. Daun kemangi emang the best sih buat ngilangin bau-bauan. Biasanya kalo abis makan jengki, pakenya lalap daun kemangi biar berkurang bau mulutnya. Ternyata bisa juga ya buat menghilangkan bau badan.

    BalasHapus
  12. bahan-bahan alami ternyata banyak ya yang bermanfaat untuk menghilangkan bau badan, dari dalam tubuh juga ya, langsung ke sumber penyebabnya dari dalam, plus pastinya baik untuk kesehatan. Siip artikelnya Mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Hallo kak, terimakasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar positif ya, semoga hari kk menyenangkan:)

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back hehe Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutnya. Dan garnier micellar water ini yang nyaman bang