Langsung ke konten utama

Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo temen-temen apa kabar hari ini?

Semakin bertambah usia, semakin banyak produk kecantikan waja, alih-alih mencerahkan malah menimbulkan masalah kulit, seperti flek hitam atau bintik-bintik kecokelatan. Ditambah lagi semakin bertambahnya usia, semakin banyak masalah yang dihadapi kulit, apalagi berada di negara tropis dengan sinar matahari yang begitu terik, Salah satu masalah kulit saat menginjak umur diatas 30 tahun adalah flek hitam atau spruten, flek hitam timbul karena disebabkan beberapa faktor seperti genetik, makanan dan minuman siap saji yang menimbulkan efek radikal bebas pada kulit.

Dan penyebab yang paling utama adalah paparan sinar matahari, karena saat kulit terpapar sinar matahari tanpa adanya perlindungan, maka kulit akan melindungi diri dengan memproduksi melatonin atau sel-sel pigmen dikulit secara berlebihan dan selanjutnya melatonin tersebut membentuk sebuah noda-noda kecil yang menganggu penampilan.

Tau nggak sih? Penyebab flek karena beberapa faktor yaitu :

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang dipengaruhi dari dalam diri seseorang, kaitannya dengan kondisi kejiwaan seseorang, seperti :

  • Stres. Ketika seseorang mengalami stres tak jarang ia melakukan hidup semau gue. Akibatnya, ia pun akan malas mengurusi dirinya sendiri, apalagi orang lain.
  • Malas. Kemalasan muncul akibat dari rasa stres itu sehingga malas membersihkan wajah setiap hari minimal 2 kali sehari.
  • Pola hidup tidak sehat. Masih berimbas dari stress tadi seseorang akan melarikan rasa stresnya pada meminum minuman beralkohol dan merokok.
  • Tidak bisa menjaga keseimbangan waktu atau tidak bisa mengatur waktu. Waktu istirahat digunakan untuk kerja,akibatnya kondisi fisiknya makin lemah, peredaran darah ke seluruh tubuh pun menjadi terhambat.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang disebabkan dari lingkungan di sekitarnya.

  • Udara. Polusi yang makin banyak karena makin banyaknya pengguna kendaraan bermotor membuat kondisi udara tidak sehat. Padahal, udara sangat cepat menyerap ke kulit seseorang.
  • Air. Penggunaan air yang tidak bersih juga memengaruhi kondisi kulit wajah seseorang.
  • Tanah. Tanah yang kering membuat hawa terasa makin panas dan membuat sesak nafas.
  • Lain-lain. Faktor ini bisa dipengaruhi oleh teman atau orang di lingkungan yang berpola hidup tidak sehat. Kadang kala hal itu bisa juga membuat Anda untuk ikut-ikutan seperti dia.

Itulah beberapa faktor secara garis besar mengapa Anda bisa terkena flek hitam di wajah. Faktor yang paling dekat adalah kondisi kulit yang memang sulit untuk disembuhkan dari jerawatnya atau bisa jadi karena rasa malas yang ada di dalam diri kita.

Jika suda timbul, lalu bagaimana cara menghilangkan flek ini? Menghilangkan noda-noda hitam pada permukaan kulit memang bukan cara yang mudah, perlu perawatan yang intensif agar flek hitam menghilang dari kulit wajah Anda kembali berseri. Teman-teman bisa mencoba tips berikut ini :

  1. Gunakan sunblock dengan kandungan SPF 30%, dengan pengulangan pemakaian setelah 3- 4 jam.
  2. Gunakan masker alami bengkuang atau kentang dengan cara haluskan bengkuang atau kentang hingga berbentuk seperti bubur kasar, saring lalu pisahkan antara air dan ampas, setelah itu gunakan ampas bengkuang atau kentang sebagai masker, tunggu sekitar 20 menit setelah itu bilas dengan air hangat.
  3. Hindari pemakaian pembersih berupa susu pembersih dipagi atau malam hari cukup dengan mencuci muka dengan air hangat biasa, karena face toner akan membuat kulit Anda tampak kering.
  4. Gunakan masker alami irisan jeruk nipis, dengan cara potong jeruk menjadi dua bagian, setelah itu oleskan di atas permukaan kulit yang terdapat noda flek, diamkan sejenak hingga kering setelah itu bilas dengan air hangat.
  5. Konsumsi buah dan sayur yang mengandung selenium yang berguna untuk meredam aktifitas radikal bebas pada tubuh dan Vitamin C yang terdapat pada jeruk, tomat, dan jambu biji. Vitamin C membantu melawan pigmentasi kulit dan terbatas dari kekeringan kulit.
  6. Bila ingin mendapatkan kulit halus bebas dari flek hitam secara instan bisa menggunakan beberapa cara seperti, terapi laser, mikrodemabrasi dan mesotherapy.

Oke done, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

7 Manfaat Main Game

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, sudah menuju penghujung tahun nih, biasanya aktivitas mendadak padat kalo sudah menuju akhir tahun. Sangking padatnya aktivitas, jadi sedikit punya waktu untuk refreshing ya kan. Tapi aku selalu punya cara untuk merefresh otak supaya nggak tegang banget di sela padatnya aktivitas sehari-hari, yaitu main game. Adakah yang sama kayak aku? Ternyata main game juga banyak manfaatnya, lho. Jika kita cermati, sedikit dampak negatifnya justru memiliki banyak dampak positif. Nah apa saja itu? Berikut 7 manfaat main game : 1. Merefresh otak Setelah sibuk beraktivitas. Otak akan merasa jenuh, apalagi dengan aktivitas yang itu-itu aja. Maka dari itu kita bisa memulai aktivitas baru sehingga otak jadi nggak kaku banget. pernahkan saat sedang beraktivitas tapi mentok nggak tau mau ngerjain apa lagi. Itu disebabkan karena kita bosan melakukan aktivitas itu-itu aja. Main game merupakan salah satu cara yang efektif untuk merefresh otak s