Langsung ke konten utama

Rendang Lokan Dan Air Terjun Mandi Angin Khas Muko-Muko Bengkulu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jika selama ini anda hanya mengenal rendang sapi atau ayam anda harus mencoba makanan khas Sumatera Barat satu ini. Rendang Lokan. Rupanya di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, rendang lokan jauh lebih populer. Kehadirannya makin dinantikan saat hari-hari besar seperti hari raya idul fitri atau idul adha.

Lokan atau sejenis kerang ini bisa di temukan di sungai, untuk penjualan. Nora Cinditi Ayu atau kerap disapa Bunda Nora adalah salah salah satu perajin rendang lokan yang terkenal di Kabupaten Mukomuko. Aroma gurih racikan bumbu rendang benar-benar menggugah selera saat pengunjung memasuki tempat memasak rendang lokan di rumahnya.

Lokan-lokan tersebut merupakan hasil tangkapan warga. Sebelum diolah menjadi rendang lokan ini harus mendapatkan perlakuan khusus. Lokan yang baru dikumpulkan, dibersihkan dari lumpur lalu kemudian direbus hinga setengah matang setelah itu proses selanjutnya kupas lokan dari cangkangnya, cuci bersih menggunakan jeruk nipis. dan garam secukupnya agar amis hilang, setelah itu masukkan santan yang sudah siap.

Prinsip dasar bumbunya sama dengan rendang daging, menggunakan santan kelapa, serai, daun salam, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, cabe, dan garam secukupnya, pengeringan bumbu butuh waktu 2 sampai 3 jam. Setelah itu baru masukkan daging lokan dimasak rendang selama 6 jam agar kualitas rendang bisa bertahan hingga 7 hari.

Setelah itu rendang siap disajikan, sebagian di kemas untuk pengiriman, untuk pemesanan Bunda Nora bisa menghabiskan setengah satu satu kilo rendang lokan perhari, apalagi menjelang lebaran bisa menghabiskan 3 sampai 4 kilogram perhari. tahukan anda? Pesanan rendang berasal dari seluruh Indonesia, jadi pastikan kamu juga memesan ya hehe

Rasa kenyal daging lokan dalam baluran bumbu rendang, memperkaya cita rasa yang hadir di sela bumbu gurih rendang. Saat ini, rendang lokan dijadikan Pemerintah setempat sebagai sajian kuliner khas daerah kabupaten muko-muko.

Sementara, untuk harga, dibanderol Rp140 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan Rp20 ribu per kg. Harga jual sambal lokan mengalami kenaikan karena pengaruh kenaikan harga bahan bakar minyak.

Cita rasa kuliner khas daerah ini tak lekang oleh waktu, karena rasa rendang dari dulu sampai sekarang masih tetap sama, karena cara pengolahan dan memasak kuliner merupakan warisan turun-temurun, tidak berubah dari dulu hingga sekarang menggunan cara tradisional, yaitu dimasak menggunakan kayu bakar.

Next, setelah berwisata kuliner, kita lanjut ke wisata alam yang atu ini, tapi sebelumnya aukah anda? kabupaten Mukomuko terletak di pinggiran pesisir sumatera, yang identik dengan pantai ternyata juga menyimpan keindahan wisata alam yang luar biasa, salah satunya Air Terjun Mandi Angin, yang merupakan Air Terjun tertinggi di provinsi Bengkulu. ketinggian air terjun ini mencapai 80 meter, dan berada dikawasan Hutan Produksi Terbatas.

Air terjun yang masih sangat alami ini, berada di wilayah desa Air Berau, kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko Povinsi Bengkulu cukup memicu adrenalin Sebab Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang melewati jalan yang penuh kerikil hingga tanah kuning.

untuk tiba di lokasi air terjun, anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat kota kabupaten  Muko-muko, dengan mengendarai sepeda motor atau mobil hingga tebing air terjun lalu berjalan kaki sekitar 10-15 menit menuruni tebing ke posisi air itu jatuh yang berupa telaga.

Kenapa dinamakan Mandi Angin? karena apabila Anda berada di jarak 50 meter dari titik air itu jatuh, pakaian Anda akan basah oleh air yang terbawa angin seakan mandi uap air. Karena itu masyarakat setempat menamai air terjun Mandi Angin, Rasa lelah sepanjang perjalanan benar-benar terbayar. Air segar yang mengalir dan percikan air terjun menambah rasa tidak ingin segera berlalu dari lokasi, dijamin deh! Anda pasti betah berlama-lama. Apalagi berendam di telaga Airnya yang sangat jernih nan sejuk.

Objek Wisata ini, sangat kami rekomendasikan untuk anda para pemburu wisata alam. Bukan hanya keindahan air terjun yang bisa Anda saksikan di lokasi wisata ini. Namun sepanjang mata memandang. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan di sekitaran air terjun yang masih sangat alami dan menakjubkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Tips merawat kulit sensitif

Hallo temen-temen, pernah ngalamin nggak? Yang namanya kulit sensitive? Aku sih pernah ya, dan rasanya tu bener-bener nggak nyaman. Karena di kondisi ini, kulit wajah kita tu kayak ngambek gitu, serba dikasih apa aja nolak!! Dikasih nutrisi nolak, dikasih cream nolak, perawatan apalagi. Duhhhh!! Serba bingung deh kalau udah ketemu yang namanya kulit sensitive, biasanya ni, kalau cewek, kulit sensitive ini munculnya menjelang atau pas datang bulan. Kulit akan lebih sensitive dan rentan mudah sakit. Jadi kita ciwi-ciwi yang  rentan megalami ini, tapi ngak menutup kemungkinan juga buat para cowok-cowok yaaaa hihihik, jadi bua yang sedang mengalami kulit sensitive,aku mau bagi-bagi tips buat kalian, gimana caranya merawat kulit sensitive, berikut tipsnya Tips Merawat Kulit Sensitif‼️ 1.Pilih produk perawatan wajah khusus wajah sensitif mulai dari pembersih, pelembab, hingga make up. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, kulit kering, jerawat, kusam, it

7 Manfaat Main Game

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, sudah menuju penghujung tahun nih, biasanya aktivitas mendadak padat kalo sudah menuju akhir tahun. Sangking padatnya aktivitas, jadi sedikit punya waktu untuk refreshing ya kan. Tapi aku selalu punya cara untuk merefresh otak supaya nggak tegang banget di sela padatnya aktivitas sehari-hari, yaitu main game. Adakah yang sama kayak aku? Ternyata main game juga banyak manfaatnya, lho. Jika kita cermati, sedikit dampak negatifnya justru memiliki banyak dampak positif. Nah apa saja itu? Berikut 7 manfaat main game : 1. Merefresh otak Setelah sibuk beraktivitas. Otak akan merasa jenuh, apalagi dengan aktivitas yang itu-itu aja. Maka dari itu kita bisa memulai aktivitas baru sehingga otak jadi nggak kaku banget. pernahkan saat sedang beraktivitas tapi mentok nggak tau mau ngerjain apa lagi. Itu disebabkan karena kita bosan melakukan aktivitas itu-itu aja. Main game merupakan salah satu cara yang efektif untuk merefresh otak s