Langsung ke konten utama

Makam Puteri Gading Cempaka dan Masjid Padang Betuah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo temen-temen apa kabar hari ini?.


Bosan dengan wisata alam? Waktunya anda mengunjungi wisata sejarah yaitu Makam Puteri Gading Cempaka, yang berada di Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Benteng. Puteri Gading Cempaka merupakan putri bungsu Raja Ratu Agung, yang memerintah pada masa Kerajaan Sungai Serut. Menurut cerita rakyat Bengkulu, Raja Ratu Agung adalah penjelmaan dewa dari Gunung Bungkuk. yang bertugas mengatur kehidupan di Bumi ini, Raja Ratu Agung dikenal sebagai raja yang adil dan bijaksana serta sangat disegani oleh rakyatnya.

Raja Ratu Agung memiliki enam orang putra dan seorang putri. Keenam putra Ratu Agung adalah Kelamba Api, Manuk Mincur, Lemang Batu, Tajuk Rompong, Rindang Papan, Anak Dalam, dan paling bungsu yaitu Putri Gading Cempaka. Kemahsyuran Kerajaan Sungai Serut ini tidak hanya karena Rajanya yang bijaksana, tetapi juga karena kecantikan Putri Gading Cempaka yang mempesona banyak pangeran-pangeran dari negeri seberang ingin meminangnya.

Dari sekian banyak pangeran, Putri Gading Cempaka beserta kerajaan menerima pinangan dari Baginda Maharaja Sakti yang kemudian memimpin Kerajaan Sungai Lemau. Keduanya hidup bahagia hingga akhir hayat.

Cerita tentang kecantikan dengan kisah Putri Gading Cempaka ini sangat terkena di provinsi Bengkulu, sehingga makam Putri Gading Cempaka ini selalu dikunjungi, tidak hanya dikunjungi peziarah dari Kabupaten Bengkulu tengah. Namun juga warga dari luar Provinsi Bengkulu seperti Provinsi Lampung, Palembang, hingga Jakarta.

Nah, bagi anda yang belum pernah berziarah ke makam Putri Gading Cempaka, sangat aku direkomendasikan untuk datang, dengan jarak tempuk sekitar 19,7 km saja dari kota Bengkulu.

 


Setelah usai berkunjung ke objek wisata sejarah, selanjutnya kita bealih ke wisata cagar budaya yaitu Masjid Padang Betuah yang terletak tak jauh dari lokasi danau gedang, masjid ini dibangun sejak akhir abad ke 18 atau kurang lebih hampir 200 tahun yang lalu.

Nama cagar budaya serta dinding dari papan kayu membuat masjid ini berbeda dengan masjid lainnya, di balik bangunannya masjid ini menyimpan sejarah penyebaran agama islam di provinsi Bengkulu.

Masjid ini tetap berdiri kokoh sejak tahun 1823 Masehi, meski berkali-kali di goyang gempa bumi besar, Masjid Padang Betuah ini berasal daru bahasa minangkabau yaitu padang batuah artinya adalah pedang sakti, lalu berubah menjadi padang betuah sesuai menurut bahasa melayu Bengkulu.

pemerintah setempat menjadikannya sebagai cagar budaya, karena Masjid ini merupakan masjid tertua di Provinsi Bengkulu, yang dulunya dibangun oleh salah satu ulama penyebar agama islam bernama haji Mansyur. Sebagai pusat penyebaran agama Islam dan tempat berkumpulnya masyarakat dalam melawan penjajah yang dipimpin oleh H Mansyur.

pada awalnya bangunan masjid ini beratapkan rumbia lalu diganti dengan seng. Selanjutnya, dinding masjid terbuat dari semen, namun bagian dalam dinding tidak diisi dengan batu bata melainkan bambu atau bidai. Bambu itu dibelah dan dipecah-pecah. Lalu setelah bambu tersebut disusun baru ditutup dengan semen dan tiang-tiang penyangga masjid yang terbuat dari kayu disusun tidak terputus namun saling menyambung, inilah rahasia mengapa bangunan ini tetap kokoh meski dari goncangan gempa. Untuk tiba di lokasi wisata ini sangat mudah, anda hanya menempuh perjalanan sekitar 21,3 km saja dari Kota Bengkulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Tips merawat kulit sensitif

Hallo temen-temen, pernah ngalamin nggak? Yang namanya kulit sensitive? Aku sih pernah ya, dan rasanya tu bener-bener nggak nyaman. Karena di kondisi ini, kulit wajah kita tu kayak ngambek gitu, serba dikasih apa aja nolak!! Dikasih nutrisi nolak, dikasih cream nolak, perawatan apalagi. Duhhhh!! Serba bingung deh kalau udah ketemu yang namanya kulit sensitive, biasanya ni, kalau cewek, kulit sensitive ini munculnya menjelang atau pas datang bulan. Kulit akan lebih sensitive dan rentan mudah sakit. Jadi kita ciwi-ciwi yang  rentan megalami ini, tapi ngak menutup kemungkinan juga buat para cowok-cowok yaaaa hihihik, jadi bua yang sedang mengalami kulit sensitive,aku mau bagi-bagi tips buat kalian, gimana caranya merawat kulit sensitive, berikut tipsnya Tips Merawat Kulit Sensitif‼️ 1.Pilih produk perawatan wajah khusus wajah sensitif mulai dari pembersih, pelembab, hingga make up. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, kulit kering, jerawat, kusam, it

7 Manfaat Main Game

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, sudah menuju penghujung tahun nih, biasanya aktivitas mendadak padat kalo sudah menuju akhir tahun. Sangking padatnya aktivitas, jadi sedikit punya waktu untuk refreshing ya kan. Tapi aku selalu punya cara untuk merefresh otak supaya nggak tegang banget di sela padatnya aktivitas sehari-hari, yaitu main game. Adakah yang sama kayak aku? Ternyata main game juga banyak manfaatnya, lho. Jika kita cermati, sedikit dampak negatifnya justru memiliki banyak dampak positif. Nah apa saja itu? Berikut 7 manfaat main game : 1. Merefresh otak Setelah sibuk beraktivitas. Otak akan merasa jenuh, apalagi dengan aktivitas yang itu-itu aja. Maka dari itu kita bisa memulai aktivitas baru sehingga otak jadi nggak kaku banget. pernahkan saat sedang beraktivitas tapi mentok nggak tau mau ngerjain apa lagi. Itu disebabkan karena kita bosan melakukan aktivitas itu-itu aja. Main game merupakan salah satu cara yang efektif untuk merefresh otak s