Langsung ke konten utama

7 Manfaat Main Game

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo temen-temen, sudah menuju penghujung tahun nih, biasanya aktivitas mendadak padat kalo sudah menuju akhir tahun. Sangking padatnya aktivitas, jadi sedikit punya waktu untuk refreshing ya kan. Tapi aku selalu punya cara untuk merefresh otak supaya nggak tegang banget di sela padatnya aktivitas sehari-hari, yaitu main game.

Adakah yang sama kayak aku? Ternyata main game juga banyak manfaatnya, lho. Jika kita cermati, sedikit dampak negatifnya justru memiliki banyak dampak positif. Nah apa saja itu? Berikut 7 manfaat main game :

1. Merefresh otak

Setelah sibuk beraktivitas. Otak akan merasa jenuh, apalagi dengan aktivitas yang itu-itu aja. Maka dari itu kita bisa memulai aktivitas baru sehingga otak jadi nggak kaku banget. pernahkan saat sedang beraktivitas tapi mentok nggak tau mau ngerjain apa lagi. Itu disebabkan karena kita bosan melakukan aktivitas itu-itu aja. Main game merupakan salah satu cara yang efektif untuk merefresh otak sejenak disela padatnya aktivitas.

2. Melatih kerjasama antar teman

Bermain game selain solo, kita juga bisa main bersama teman untuk melatih solidaritas dan melatih kerjasama atau team work, bermain dengan team akan meningkatkan kecepatan dalam mendapatkan point untuk menang. bahkan jika kita main gamenya cukup jago, bisa jadi kita diundang ikut turnamen di game itu. Kalo menang dapet hadiah deh.

3. Mengembangkan imajinasi

Nah ini point pentingnya dari bermain game, otak akan bekerja maksimal, kita di tuntut untuk berimajinas, sekreatif mungkin untuk memenangkan pertandingan. Secara tidak langsung kita sudah melatih otak kita untuk mengembangkan imajinasi yang pada ahirnya kita akan terbiasa membawa itu dalam aktivitas sehari-hari sehingga kita bisa menjadi lebih kreatif.

4. Melatih sportivitas

Melatih sportivitas, setelah kita dituntut untuk berimajinasi dalam menjalankan pertandingan, kita juga di tuntut untuk jujur, menghargai kelebihan lawan, mengakui kekalahan karena lawan lebih unggul. Jadi kalo kalah dalam permainan jangan toxic ya guys. Karena itu artinya kita tidak sportif dalam permainan.

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Sebagian besar game menggunakan bahasa inggris. Bahkan dari semua game yang pernah aku mainkan selalu ketemu dalam bentuk bahasa inggris. Nah secara tidak langsung selama permainan kita sudah banyak belajar bahasa inggris. Jadi untuk kata atau kalimat yang keluar dalam bahasa inggris kita akan berusaha mencari tau apa artinya. Dan setelah tau artinya, kita akan jadi ingat karena sering mendengarkan atau melihat kata atau kalimat itu.

6. Membangun optimisme

Sifat optimis ini harus kita miliki baik dalam bermain game atau kehidupan sehari-hari. Dan dengan main game kita bisa melatih dan membangun sifat optimis ini dari dalam diri kita. Sehingga nantinya terbiasa dalam kehidupan keseharian selalu berfikir positif, percaya pada kemampuan yang  kita miliki untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, seperti akan menang dalam pertandingan game.

7. Melatih kesabaran

Dalam bermain game tentu kita harus sabar dalam menjalankan step by step permainan. Dan kemudian melanjutkan level dari lever 1 sampai seterusnya untuk memenangkan pertandingan game. Secara tidak langsung kita melatih kesabaran dalam bermain. Sehingga sifat sabar ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Itu dia 7 manfaat dari bermain game. Aku rutin biasanya sehari selalu buka game untuk rehat sejenak dari aktivitas. biasanya aku main game online yang gratis, jadi nggak perlu download. Aman untuk yang memori Hpnya kecil. Biasanya aku main game di plays.org karena game online ini aman dan nggak lemot sama skali saat diakses dengan jaringan internet rendah. Aku selama mudik di desa, selalu main game ini karena gamenya ringan, mudah dimainkan dan ada tutorial sebelum kita memasuki arena permainan. jadi nggak kebingunan dan langsung bisa main. Berikut game favorit yang selalu aku mainkan

Rogue One Boots on the Ground

Game ini rekomended untuk yang suka bertualangan, jadi ini game tembak-tembakan gitu. Kita harus bunuh musuhnya untuk melindungi orang. Kita tu tiga orang yang diatasnya garis biru, itu darah kita, kalo tinggal dikit kita bisa pulihkan dengan kotak p3k. terus musuh kita yang garis merah, kita tinggal tembak dengan tekan-tekan aja di musuhnya. Kalo musuhnya mati kita akan dapat point.

Endles siege

Game ini juga favorit aku, gambang juga cara mainnya kita bangun menara gitu di pinggir jalan untuk bunuh musuhnya, musuhnya yang jalan itu ya. Makin naik level, musuhnya akan semakin tumbuh besar guys. Jadi harus cekatan bunuh musuhnya dengan bangun menara. Terus kalo kita menang setiap musuhnya mati kita dapat banyak koin gitu. uniknya nih game ini petanya selalu update tiap hari jadi kita nggak bosen, terus game ini sering juga dipake untuk turnamen, tapi aku belum pernah ikut, biasanya aku main solo.

Tetra Blocks

Kalo game classic favorit yang ini, nyusun kotak-kotak gitu, bentuknya unik juga kayak neon. Jadi kita tinggal susun aja kotak-kotaknya serapi mungkin. Terus ada bintang-bintang di kotaknya tu kalo tersusun rapi ketemu bintangnya kita dapat point. Gamenya gampang banget, tapi makin naik lavel kita harus makin gesit tangannya. Karena kotaknya akan turun lebih cepet, kalo kita nggak gesit, jadi susunannya bisa berantakan.

Selain game diatas, masih banyak pilihan game lainnya yang bisa kalian mainkan. Langsung masuk ke webnya plays.org langsung klik game yang mau dimainkan terus klik play. Gampang kan!. Jadi itulah manfaat bermain game dan game favorit yang biasa aku mainkan. Kalo kamu suka yang mana? Balas di kolom komentar ya.

Komentar

  1. Melatih kesabaran. Bener banget kak. Aku kan suka main gim hidden object gitu ya. Itu tuh bikin aku harus sabaaar banget nyari objek yang dimaksud. Kadang pernah rasanya pengen udahan aja. Tapi kok penasaran. Akhirnya diterusin walaupun harus konsentrasi penuh

    BalasHapus
  2. Kalau zaman dulu banyak yang melarang games karena dirasa banyak negatifnya, sekarang sepertinya lebih bisa menempatkan posisi, dalam aktivitas wajar games akan sangat membantu dan terasa menyenangkan. Btw aku suka main game jenis tetra blocks, hehe

    BalasHapus
  3. Kalo untuk anak-anak manfaat bermaen game bisa melatih motorik dan kepekaan terhadap suatu masalah. Untungnya ada plays.org banyak sekali permainan yang berguna dan pastinya edukatif untuk anak-anak, bahkan untuk media pembelajaran di sekolah juga bisa.

    BalasHapus
  4. Saya senang bermain game untuk hiburan di kala penat melanda, namun ada beberapa game yang saya pilih sesuai hobi juga.

    BalasHapus
  5. Iya nih akhir tahun kegiatan padat merayap. Tapi tetap dong meluangkan waktu buat refresh otak.

    Saya sangat merasakan bahwa game membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak-anak. Saya sampai pernah kaget darimana dia kenal kosakata itu, padahal belum pernah saya ajarkan, Ternyata dapatnya dari game yang dia mainkan

    BalasHapus
  6. Berarti di llays.org ini kita bisa main game apa aja tanpa takut memori full yah, jadi pengen coba nih

    BalasHapus
  7. Dari dulu zaman nintendo sampe sekarang zaman game online selalu suka main tetra blok. soalnya ringan, gak terlalu banyak mikir maininnya. lumayan buat mefresh otak.

    BalasHapus
  8. Selalu ada dua sisi berseberangan, tapi hendaknya kita melihat sisi positifnya dulu. Main game banyak mendatangkan manfaat untuk anak. Mereka tanpa sadar belajar sambil bermain, atau bermain sambil belajar. Membangun optimisme juga karena mereka bersemangat mengejar kemenangan. Menarik-menarik materi game di plays.org. Anak saya juga bisa belajar bahasa inggris di sini. Modalnya cuma main game, gak perlu install aplikasi.

    BalasHapus
  9. Bermain game tidak selalu buruk tentunya ya,Mba. Ada manfaat-manfaat yang bisa didapatkan jika memainkannya dengan tepat. Saya biasa sih suka main game karena bisa merefresh otak juga agar tidak selalu kaku yang dilakukan.

    BalasHapus
  10. Kalau bisa atur screentime sebenarnya bermain game ini banyak sekali manfaatnya. Bagus juga untuk melatih otak kanan dan otak kiri. Kalau saya sendiri, memilih main game yang gampang-gampang aja untuk refresh. Hehehe

    BalasHapus
  11. Main game Itu nggak bisa diremehkan. Setiap orang lain bisa main game. Berapa game mengasah skill berpikir.

    BalasHapus
  12. Banyak juga ya manfaat games, terutama melatih kemampuan bahasa Inggris. Wah boleh juga tu info plays.org, aku meluncur kesana deh cek cek games yang seru

    BalasHapus
  13. Aku sebetulnya nggak suka games, hihihi. Tapi ternyata kok banyak manfaatnya ya. Nanti deh aku mampir ke play.org buat pilih yang kusuka. Makasih ya Mbak Infonya.

    BalasHapus
  14. Tetra blocks tuh game favorit. Harus gercep banget deh waktu memainkannya. Udah itu otak rasanya plong. Memang bener yah ngegame itu refreshing.

    BalasHapus
  15. Walau aku sekarang termasuk yang enggak suka dunia pergame-an, tapi manfaatnya ternyata berentet juga ya si game ini. Dari untuk merefresh otak, melatih bahasa sampai masalah kesabaran, siip tinggal di pilihan dan kontrolnya aja mungkin ya

    BalasHapus
  16. game ini tergantung jenisnya ya, dan ternyata banyak manfaatnya, terimakasih sharingnya kak, kalau aku yang terasa bertambah kosa kata bahasa inggrisnya

    BalasHapus
  17. Ternyata main game tak selalu buruk ya.
    Membaca manfaat main game di artikel ini, saya jadi berpikir.
    Iya juga ya... saat main game kita harus bersabar. Kalau tidak bersabar, kalah sekali langsung deh berhenti. hahaha.

    BalasHapus
  18. Melatih kesabaran juga ya Mbak,, kalau belum menang belum mau berhenti, hihi...anak saya gitu,, sampai azan berkumandang baru deh dia geletakin hpnya

    BalasHapus
  19. Ahay, aku setuju nih. Karena memang main game banyak manfaatnya sih asal mainnya tau aturan dan tau waktu ajaaa. jangan sampe lupa waktu dan lupa tugas hihihi

    BalasHapus
  20. Saya termasuk orang yg tidak terlalu menyukai game, tap setelah mengetahui manfaatnya, terutama dapat merefresh otak setelah bekarja, akhirnya penasaran dan jadi ketagihan bermain juga.

    BalasHapus
  21. Pastinya main games banyek manfaat positifnya ya kak, terutama bisa berimajinasi dan bikin smart dalam berpikir ..tapi engga boleh lupa waktu ya hehehe

    BalasHapus
  22. Main game memang menyenangkan ya. Apalagi kalau bisa langsung dimainkan dr websitenya. Tanpa perlu download. Bisa refreshing otak juga.

    BalasHapus

  23. Jadi kangen main game lagi... seru2an bareng temen... ga terasa waktupun berjalan cepat kalau main game... dan seringnya jadi lupa waktu...heheheh

    BalasHapus
  24. Saya dulu suka main Nintendo. Setelahn ada PS, suka juga main PS, tapi lebih ke permainan story, membangun rumah, harvestmoon, petulangan. Menurut saya bermain game membuat saya lebih cepat mikir, tangan lebih cepat bergerak. Tapi saya mainnya sendirian, tidak terlalu menikmati bermain rame-rame.

    BalasHapus
  25. Gamenya sederhana tapi banyak manfaatnya ya. Banyak pilihan juga. Saya suka game begini. Gak banyak makan memori hape.

    BalasHapus
  26. Sejak ngantor lagi rasanya aku udah jarang banget main games. Padahal pas WFH tuh kek hampir tiap hari pasti ngegames. Btw mau share tulisan ini ah ke grup WA biar banyak yang baca, khususnya yang sering menjudge kalau main games itu ga ada manfaatnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Hallo kak, terimakasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar positif ya, semoga hari kk menyenangkan:)

Postingan populer dari blog ini

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Tips merawat kulit sensitif

Hallo temen-temen, pernah ngalamin nggak? Yang namanya kulit sensitive? Aku sih pernah ya, dan rasanya tu bener-bener nggak nyaman. Karena di kondisi ini, kulit wajah kita tu kayak ngambek gitu, serba dikasih apa aja nolak!! Dikasih nutrisi nolak, dikasih cream nolak, perawatan apalagi. Duhhhh!! Serba bingung deh kalau udah ketemu yang namanya kulit sensitive, biasanya ni, kalau cewek, kulit sensitive ini munculnya menjelang atau pas datang bulan. Kulit akan lebih sensitive dan rentan mudah sakit. Jadi kita ciwi-ciwi yang  rentan megalami ini, tapi ngak menutup kemungkinan juga buat para cowok-cowok yaaaa hihihik, jadi bua yang sedang mengalami kulit sensitive,aku mau bagi-bagi tips buat kalian, gimana caranya merawat kulit sensitive, berikut tipsnya Tips Merawat Kulit Sensitif‼️ 1.Pilih produk perawatan wajah khusus wajah sensitif mulai dari pembersih, pelembab, hingga make up. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, kulit kering, jerawat, kusam, it