Jumat, 22 Mei 2020

Ramadhan ditetapkan Ahad 24 mei 2020, bagaimana cara menentukannya?


Setelah menggelar sidang isbat pada hari jumat, 22 mei 2020. Kementerian agama Republik Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Ahad, 24 Mei 2020. Ketetapan ini di sampaikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi bahwa awal syawal jatuh pada hari minggu 24 Mei 2020.

Penentuan awal syawal ini menggunakan metode Rukyatul Hilal. Nah, penasarankan apa sih itu Rukyat hilal?

Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang terlihat setelah terjadi konjungsi di arah dekat matahari terbenam. Dalam kalender islam, Hal ini yang menjadi acuan untuk menentukan permulaan atau awal bulan.sedangkan rukyat adalah sebuah aktivitas untuk mengamati hilal, yang bisa dilakuandengan mata telanjang atau dapat dilakukan dengan alat bantu seperti teleskop.

Kenapa sih harus melihat hilal? Karena hilal adalah penanda awal bulan dalam kalender islam. Jadi penentuan awal bulan dalam kalender hijriah sudah dimulai, di tentukan oleh hilal ini. Hilal bisa terlihat dpada jarak 7 derajat dengan mata telanjang atau 3 derajat dengan menggunakan alat optik seperti teleskop. Dan yang harus temen-temen tau, hilal bisa diamati setelah matahari terbenam.

Hilal bisa diamati pada hari ke 29 dalam bulan islam untuk menentukan apakah hari berikutna sudah terjadi pergantian bulan atau belum. Dan hari ini, 22 mei 2020 adalah hari ke 29 ramadhan dan 29 hari kita telah menjalankan ibadah puasa, namuh hilal belum juga terlihat, maka dari itu, puasa ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Dan berdasarkan sidang isbat yang dilakukan oleh kementerian agama, 1 syawal 1441 Hijriah jatuh pada 24 mei 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menghilangkan Flek Secara Alami

Mengenai Saya

Foto saya
- Karya Buku, Novel "Puan Perawan" dan Novel "Tentang Rindu" - Puteri Maritim Persahabatan Provinsi Bengkulu 2017 - Puteri Pariwisata Bengkulu Utara 2018 RU 5 - Duta Bahari Provinsi Bengkulu 2019 - Delegasi Bengkulu Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Nias 2019 - Penerima Penghargaan Kader Ispiratif oleh IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Bengkulu tahun 2018 - Penerima Penghargaan pemuda berprestasi oleh Gubernur Bengkulu dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 91 tahun 2019 - Penerima Penghargaan sebagai peserta Kapal Pemuda Nusantara 2019 oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pengikut