Kamis, 14 Mei 2020

3 Buku ini wajib kalian baca selama di rumah aja

Jadi setelah posting artikel yang kemarin, mengenai hal-hal yang bisa dilakukan pada masa pandemi ini, banyak yang nanya untuk point yang ke-4, membaca buku. Banyak adik-adik dan temen-temen yang nanya gini “Kamu sering baca buku apa?” “Yang gimana bukunya?” ”Rekomendasiin aku dong buku-buku yang bagus buat di baca selama pandemi ini, udah bosen maen hp mulu”.

Wajarlah ya bosen maen hp, dari awal pembatasan aktivitas diluar, kita lebih sering stay dirumah dan buka tutup gadget. Akibatnya juga nggak bagus karena terlalu lama di depan gadget akan menyebaban sakit kepala, mata minus dan berkurangnya tingkat konsentrasi. Jadi harus di kontrol yaah

Nah, balik lagi ke buku-buku yang menurut aku bagus buat di baca untuk mengisi waktu kamu selama dirumah aja. Tapi ini hasil dari rekomendasi aku ya, karena selera baca ditiap manusia tu nggak sama. Kalo aku sih lebih suka buku-buku fiksi, roman dan sedikit drama gitu hehehe, you know! Aku tipe cewek yang melow-melow gitu, jadi sukanya buku yang bergendre romantis.

Dari semua buku yang aku baca, aku paling suka buku-buku ini, buku karya Andrea Hirata yang judulnya ayah.

Tambahkan teks

Aku lupa persis ceritanya nih, karena udah lama aku bacanya ni waktu masih kuliah dulu dan sekarang udah sarjana. jadi dia menceritakan kisah cinta seorang cowok yang polos, lugu dan jatuh cinta sama cewek yang gaul dan cantik juga. Si cowok ini berusaha keras ni buat dapetin cinta si cowok ini, tapi si cewek nggak mau karena yaaa si cowoknya ni bukan tipe dia banget. Terus si cewek ni punya pacar dan hamil gitu. Dan pacarnya nggak bertanggung jawab. Duuu drama banget kan ya.

Terus karena si cewek ini bingung mau ngelahirin anaknya tapi nggak punya bapak, ahirnya menikahlah sama si cowok yang tadi tu. Oh iya, aku inget. Nama cowoknya Sabari. Terus nama ceweknya tu Lena, panjangnya Marlena. Ahirnya mereka berdua ni menikah dan lahirlah sang anak yang di beri nama Zorro.  Nah, di bagian cerita ini yang bikin baper tu, si Sabari yang berperan sebagai Ayah di novel ini sayaaaaaang banget sama anaknya tu si Zorro, walaupun bukan anak kandungnya tapi beliau sayang banget, aku tangat terharu dan sempat nangis baca novel ini.

Jadi temen-temen, cerita novelnya nggak se-simple itu ya, ini aku jelasin dikit aja inti isinya kenapa aku suka buku ini. Rekomended banget buat kamu yang belum baca buku ini. Atau yang udah baca boleh komen di bawah ya, science mana ni yang bikin kamu baper hehe

Baca juga : Novel Tentang Rindu

Jadi itu buku pertama yang aku rekomendasikan ya, ada dua buku lagi ni. Lanjut ya. Buku kedua yang aku rekomendasikan untuk kalian baca, adalah novel Dilan dan Milea karya Pidi Baiq. 

Sumber : Google

Mungkin terdengar alay aku suka sama buku ini. Tapi beneran deh, bukunya bagus. Jauh bagus cerita bukunya di banding film yang udah tayang di bioskop. Itu menurut aku ya, karena aku udah baca bukunya dan nonton filmnya juga.

Next aku jelasin kenapa aku suka sama buku Dilan dan Milea karya Pidi Baiq ini, jadi menurut aku, buku ini tu nggak se lebay filmnya. Aku malah baper bas baca bukunya di banding pas nonton filmnya. Di novel ini aku sukanya di cerita cinta mereka berdua, dengan ngebaca itu kayak kita bernostalgia gitu, berasa kayak kita balik ke sekolah lagi dan di sekolah ada cowok atau cewek yang kita suka, terus kisah cinta yang tergambar di novelnya tu kayak kita di masa SMA tempoe doloe. Pas baca bukunya tu aku kayak senyum-senyum sendiri. Salah tingkah sendiri, berasa aku gitu yang di gombalin sama di Dilan wkwkwk.

Jadi itu alasan aku kenapa suka buku ini, dan aku rekomendasikan ke kalian buat baca, karena menurut aku buku ini bagus, dan cukup menuras emosi juga, apalagi pas kita tau endingnya si Dilan sama Milea ni enggak jadi, malah pisah. Huhu rasa kecewa diri ini ya pemirsa. Tapi nggak papa, ini Cuma novel, bisa juga buat jadi pelajaran untuk kita semua bahwa saling cinta nggak harus bisa sama-sama ya kan. Ini bukan perihal menolah jodoh atau begimana, hanya saja menurut saya, jodoh sudah ada yang atur. Kalau kita bilang jodoh itu kitayang pilih asal mau sama mau. Engak, ada kok yang ceweksama cowoknya mau sama mau tapi nggak bisa bersatu karena beberapa  faktor seperti kepribadian yang bertentangan. Status ekonomi keluarga, latar belakang keluarga, cinta tak direstui dan hal lain yang membuat cinta tu nggak bisa bersatu meskipun saling cinta.

Baca Juga : Novel Puan Perawan

Dan jalan keluarnya tu ya harus saling mengikhlaskan buat pisah. Ahahhah kan jadi baper. Duhduh ampang banget kebawa perasaan. Next aku akan rekomendasiin ke kalian buku ketiga yang aku suka dan menurut aku bagus juga buat kalian baca dirumah ya gaes.

Buku ketiga ini judulnya adalah Wo Ai Ni Allah.

Sumber : Google

Terdengar asing ya? Karena ini tu bahasa china gaes, yang artinya adalah Aku mencintaimu ALLAh. Buku ini bagus menurut aku, karena dalam buku ini selain menceritakan kisah cinta sesama manusia, ia juga menceritakan kisah cinta kepada Allah. Sejenis pencarian spiritual gitu. Dan kenapa aku suka buku ini, menurut aku, ceritanya tu menyentuh dan meningkatkan iman juga untuk yang beragama islam.

Kita jadi lebih banyak bersyukur sudah dikenalkan pada sang pencipta dari kita lahir, sehingga bisa merasakan nikmatnya iman dari kecil. Tanpa harus kita melanglang buana mencari keberadaan tuhan, kita sudah diberi ilmu pengetahuan sedari kecil.

Nah di buku ini, menceritakan seorang pasangan suami istri yaitu Tan Tio dan Mei Hwa dan mempunyai seorang anak namanya Amei. Dalam proses pencarian tuhan, Tan Tio ini memiliki banyak ujian dari yang ia di angap gila oleh banyak orang, hingga meninggal karena dibunuh oleh segerombolan pria. Sayang sekali dalam pencarian itu Ia meninggal, rasanya kayak sedih banget gitu,dalam proses pencarian sang Illahi dan belum kesampean udah di panggil duluan ke Sisi-Nya.

Dari banyak drama ayah Tan Tio ini di anggap gila sebelu ia meninggal, Ayah Tan Tio ini meminta kepada anaknya Amei untuk melanjutkan perjuangannya dalam mencari Tuhan. Dan mulai dari sini ni, kisahnya mulai bikin baper, si Amei makin tumbuh dewasa hingga menjadi gadis yang cantik. Dalam mencari Tuhan ia pernah tersesat dan di tolong sama Cowok gitu. Duuhh aku seperti ada di dalam ceritanya kalo diinget, sangking bapernya nih hehe. Terus endingnya yang bikin hati aku terenyuh, si Amei ini mendapatkan hidayah dan menemukan Agamanya yaitu Islam dan kemudian memakai Hijab. Berasa lega banget pas udah di bagian ini hihihi.

Tau nggak sih, Novel Wo Ai Ni Allah dalah Novel pertama yang aku baca hingga selesai. Biasanya aku kalo baca buku, Cuma awalnya doang. Pas udah bosen males lagi deh buat baca ahirnya nggak selesai. Nah gaes jadi 3 buku itu sangat aku rekomendasikan buat kalian baca, dan inget jangan baper ketulungan kayak aku sampe nangis sampe senyum-senyum sendiri baca bukunya hehe. Semoga bermafatat dan semoga Pandemi ini segera berahir dan yang hobi baca bisa keperpustakaan atau ke toko buku lagi. aamiin


35 komentar:

  1. Aku tertarik ama bukunya Andrea Hirata itu mbak. Karena pernah baca yg laskar pelangi. Kalo Dilan ga tertarik sama sekali wkwkwk

    BalasHapus
  2. aku penasaran sama buku yang Andrea Hirata. Aku jadi kangen sama alm papa. Pasti bakal nangis selama baca, huhuuhu

    BalasHapus
  3. Kalau kita sebelumnya sudah baca, lalu novelnya difilmkan, pasti akan terasa aneh saat menontonnya. Kaya si Dilan itu.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sih udh koleksi yg novel andrea hirata sama dilan, alur ceritanya menarik dan konfliknya bikin geregetan hehe

    BalasHapus
  5. Ayah udah baca dan emang bikin mbrebes mili mah tulisannya Pak Cik. Dilan ngga minat blasss. Cukup nonton yang pertama aja.

    BalasHapus
  6. Mungkin 2 buku diatas kecuali dilan yah, soalnya udah pernah lihat filmnya jadi mau baca novelnya itu rasa penasaran kurang.

    BalasHapus
  7. aku punya buku dilan hihihi aku fikir aku alay, tapi nyatanya ada disini sebagai buku wajib wkkwk

    BalasHapus
  8. Ada giveaway ga buat saya hehe
    Kl diperingkatkan saya pilih andrea hirata, dilan juga ok yg ketiga blm mampu bacanya hehe

    BalasHapus
  9. Sukaaa banget yg nomor 1. Hehe. Pengin coba baca Dylan juga deh, kapan2.

    BalasHapus
  10. Penasaran dengan Buku andrea hirata

    BalasHapus
  11. Penasaran bukunya Andrea dan Wo Ai Ni. Ceritanya menarik. Tapi kayaknya agak menguras emosi ya, hehe

    BalasHapus
  12. Ayah, Andrea Hirata kesukaanku.

    BalasHapus
  13. Penasaran buku no 1 dan 3 nih. Jadi masuk list buku yang akan di baca bulan ini ahh. Semoga bisa segera baca.

    BalasHapus
  14. Dari ketiga buku mbak yang direkomendasikan dalam artikel ini, aku baru baca novel pidi baiq yg dilan. I agree with u mbak, novelnya jauh lebih bagus drpd film. Aku baca sblm filmnya hadir. Jujur bagus. Begitu liat filmnya jd ilfil kaya cerita alay. Hiks

    BalasHapus
  15. BUku ketiga menurut saya menarik sudut pandangnya. Hihihi. kalo buku pertama dan kedua mah udah terkenal banget yaaa.

    BalasHapus
  16. Untuk novel pertama dan kedua hahaha. Gak tau kenapa hanya pengen jawab dengan hahaha..

    Novel ketiga sedikit tertarik nih dari reviewnya. Jadi penasaran penulisnya siapa?

    Dari segi penokohan juga unik nih yg no 3..

    BalasHapus
  17. bener nih referensi buku2nya bagus2 semua..klo yg buku pertama dan kedua sdh terkenal nah klo yg ketiga nih penasaran baca bukunya...

    BalasHapus
  18. Wah jadi semakin penasaran dengan buku Won Ai Ni Allah, sepertinya bagus banget itu ceritanya. selalu suka dengan buku yang memotivasi begini dan menginspirasi pastinya.

    BalasHapus
  19. Yang yuni belum baca buku wo ai ni Allah. Kayaknya kudu nyari buku ini dah. Entah pinjaman atau beli. Hehehe

    BalasHapus
  20. Aku mau dan penasaran dengan wo ai ni Allah , di gramedia masih ada ga ya ?

    BalasHapus
  21. Buku apaan ini, nomor 1 dan 3 masih terasa asing dipikiranku karena saya sering main ke gramed namun tidak menjumpai buku tersebut. Kalau untuk dilan sepertinya agak membosankan kalau disuruh membaca bukunya karena saya sudah menonton filmnya.

    BalasHapus
  22. Mbak penasaran sama novel Ayah Andrea Hirata, dek. Kayanya bagus yaaa. Bikin baper hehehhe. Kalo novelnya Pidi Baiq, mbak dah baca. Duh berurai air mata, terus ketawa2. Dasar mbaak ahahahah

    BalasHapus
  23. penasaran ama buku AYAH, kayaknya menarik sekaligus mengobati rindu akan ayah, gimana kira2 rekomendasi kah

    BalasHapus
  24. Wihh aku juga penggemar berat novel dilan mbak. Rela beli 3 buku seri dari cerita dilannya dan tiap buka habis dibaca ga sampe satu hari haha

    BalasHapus
  25. yang 1 dan 2 penulisnya sdh gak asing, novel2nya keren. penasaran yg novel wo aini Allah. kayaknya penulisnya saya belum familiar

    BalasHapus
  26. Ayah sama Sirkus Pohon nih yang belum baca dari karya2 Andrea Hirata. Bahasanya unik banget, runut dan cukup ekspresif.

    BalasHapus
  27. Yang pernah aku baca dari 3 buku ini masih karyanya Andrea Hirta "ayah" novelnya keren bangebange. Aku belinya pas kuliah. Borong karya beliau hehe

    BalasHapus
  28. kecuali buku ketiga aku sudah pernah baca. Sebenarnya buat kelas andrea hirata dan pidi baiq, kedua buku itu bukan buku paling kerennya mereka sih menurutku. Tapi yah, buat yang belum baca, bolehlah

    BalasHapus
  29. Wah, baru baca Dilan dan Milea doang. Lengkap tiga jilid kubaca semua dan setuju, jauh lebih bagus buku daripada filmnya. Eh tapi rata-rata sih bakal begini kalau film diadaptasi dari sebuah novel. Kita bakal kecewa.

    BalasHapus
  30. Buku Andrea Hirata sudah jadi langganan saya sejak smp mba tapi yang satu itu belum saya baca. Kalau dilan sudah tamat waktu saya sma. Tapi yg terakhir Wo Ai Ni Allah ini bikin saya penasaran, dari reviewmbak saya menangkap kalau temanya spiritual romance, selera saya banget

    BalasHapus
  31. BUku ketiga menurut saya menarik sudut pandangnya. Hihihi. kalo buku pertama dan kedua mah udah terkenal banget yaaa.

    BalasHapus
  32. Bagus bagus nih kayaknya rekomendasi bukunya diska. Aku kayaknya kalau baca buku berbau Ayah gitu pasti mewek deh.

    BalasHapus
  33. Saya sudah baca Ayah dan Dilan, kalo yang Wo Ai Ni Allah belum. Waktu baca Ayah terharu banget

    BalasHapus
  34. Belum ada yg saya baca satu pun. Tp denketiganya sy lebih tertarik 1 dan 3. Boleh pinjam diska? 😊😊

    BalasHapus
  35. baru sudah baca andrea hirata yang ayah doang
    sudah kureview juga kayaknya di goodreads
    kalau dua buku lain, belum ada darah buat bacanya

    BalasHapus

Tips Menghilangkan Flek Secara Alami

Mengenai Saya

Foto saya
- Karya Buku, Novel "Puan Perawan" dan Novel "Tentang Rindu" - Puteri Maritim Persahabatan Provinsi Bengkulu 2017 - Puteri Pariwisata Bengkulu Utara 2018 RU 5 - Duta Bahari Provinsi Bengkulu 2019 - Delegasi Bengkulu Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Nias 2019 - Penerima Penghargaan Kader Ispiratif oleh IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Bengkulu tahun 2018 - Penerima Penghargaan pemuda berprestasi oleh Gubernur Bengkulu dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 91 tahun 2019 - Penerima Penghargaan sebagai peserta Kapal Pemuda Nusantara 2019 oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Pengikut