Sebagai Mahasiswa, harapan saya untuk ibukota baru

Assalamualaikum happy peaple... berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) yang diposting pada tanggal 21 Juni 2018, bahwa jumlah kepadatan penduduk wilayah Jakarta pada tahun 2017 sudah mencapai 10,37 juta jiwa. Kita sudah berada di tahun 2019, setiap waktu jumlah penduduk terus bertambah, belum lagi, jakarta dengan segala megahnya kehidupan kota tatkala merayu pribumi untuk datang dan mengadu nasib disana. Dengan pesatnya bertambah penduduk di Jakarta akan membuat lokasi ibu kota semakin sempit dengan berbagai permasalahan lainnya, Banjir, Macet dan lain sebagainya.

Sumber : LIPI : Padatnya penduduk jadi penyebab utama banjir di ibukota

Dengan pindahnya ibu kota lama ke ibu kota baru, diharapkan dapat meningkatkan pembangunan berkelanjutan  dan pemerataan hingga kepelosok negeri, baik itu terhadap sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Bapak Presiden Jokowi telah memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke luar pulau jawa, untuk dijadikan kawasan yang nantinya difungsikan sebagai pusat pemerintahan. Ada beberapa opsi yang dikehendaki untuk menaungi ibukota Negara RI ini, diantaranya, Pulau Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Tetapi, di antara pilihan tersebut lebih condong kepada Kalimantan, karena pulau ini berada di tengah-tengah indonesia, lahannya luas dan kaya akan sumber daya alam, sehingga membuat Kalimantan lebih cocok untuk menjadi Ibukota Negara Republik Indonesia.

Sumber : GREEN CITY : kota ku kota hijau nan harmonis

Lepas dari polemiknya permasalahan tersebut, harapan saya sebagai mahasiswa, setelah pindahnya ibukota negara lama ke ibukota neraga yang baru, indonesia akan menjadi lebih baik dan maju. Beberapa harapan saya setelah adanya ibukota baru,

1. Bidang Pendidikan

Dimanapun ibukota kelak akan berdiri, indonesia tidak akan maju selagi minimnya fasilitas dan mahalnya biaya pendidikan. Dengan biaya yang mahal, fasilitas yang minim akan membuat masyarakat kesulitan dalam meneruskan pendidikan. Sedangkan kita tau, pendidikan adalah bekal untuk para bibit-bibit penerus pejuang bangsa.

2. Bidang Kesehatan

Selain pendidikan, kesehatan tak kalah pentingnya untuk mendukung indonesia lebih baik. Dengan tumbuh kembang yang sehat pada seorang anak, akan mendukung proses pembelajarannya untuk terus berfikir cerdas dan kreatif. Kita tau bahwa dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

3. Bidang Pemerataan ekonomi

Pembangunan yang bertujuan mewujudkan keadilan sosial dan pemerataan pendapatan warga negara kita. Untuk mewujudkan pendidikan dan kesehatan yang mumpuni, dibutuhkan dukungan materiil yang baik. Pendidikan dan kesehatan ini tidak akan bisa dicapai jika masih banyak masyarakat kita yang miskin, hidup serba kekurangan. Tanpa kita sadari temen-temen, di luar sana, pada pelosok negeri, banyak sekali saudara kita yang hidupnya seperti itu, miskin dan terlunta-lunta. Dengan seperti itu, pendidikan dan kesehatan tak akan terwujud sepenuhnya.

Itulah harapan saya, tentunya, kita semua mempunyai harapan untuk negara tercinta agar terus menjadi lebih baik. Bagi saya dimanapun nanti ibukota akan berdiri, semoga dapat membawa indonesia lebih maju.

Komentar

  1. iya kak sesama mahasiswa mah harapannya dimanapun pemindahan ibu kota semoga negaranya lebih maju ya

    BalasHapus
  2. Semoga pemindahan ibukota ke daerah baru dapat terencana dan berjalan dengan baik. Serta diharapkan akan terjadinya pemerataan dibidang pendidikan, kesehatan serta ekonomi.

    BalasHapus
  3. Soal Kesehatan Dan pendidikan memang harus menjadi fokus utama Kak. Setuju

    BalasHapus
  4. Semoga dengan adanya ibukota yang baru dapat meningkatkan perekonomian, kualitas pendidikan dan kesehatan ya kak..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer