Selasa, 22 Mei 2018

Pintu Masuk setan

Assalamualaikum sobat surga....
Hmmm, pagi-pagi udah nganggur aja ni Mimin gara-gara dosen gak masuk. Jadinya Corat coret di blog deh.. hehe.

Baiklah sobat surga, bahasan kita kali ini agak panjang ni, Mimin mau mengupas tentang Pintu masuk setan. Kalau bahasa setan, Mimin bawaannya suka ngeri gitu. Yang di fikiran Mimin, setan tu jahat aja gitu gak ada baiknya... Hmm menurut sobat surga gimana???
Mungkinkan sama dengan pemikiran Mimin, he

Oke deh sobat surga, kita langsung ke pembahasan yaaa pintu masuk setan

1. Kebodohan

Yupps, kenapa kebodohan menjadi jalan pintu masuk setan yang pertama? Sobat surga ada yang tau?? Yaaa, benar sekali sobat surga.
Manusia yang bodoh, maka ia tidak dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dan ahirnya ia bertindak sesuka hati. Menjadi seorang mukmin itu harus pintar, orang yang pintar tentu ia tau jalan mana saja setan bisa masuk ke dalam diri kita, sehingga kita bisa menghindari itu. Di dalam Alquran pun Allah menjelaskan derajat orang berilmu, jadi sudah jelas bahwa setiap muslim itu wajib pintar

2. Marah

Ketahuilah sobat surga, saat kita sedang marah dan tidak mampu mengendalikan nya maka setan akan dengan mudah mempermainkan kita seperti anak-anak memainkan bola.  Jadi, kendalikan diri saat kita sedang marah, agar syetan dan tidak mudah masuk ke dalam diri kita. Orang kuat bukanlah orang yang pandai bergulat tapi orang yang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah (HR. Bukhari)

3. Cinta Dunia

Orang yang mencintai dunia dan lebih mengutamakan mengejar gemerlapnya dunia dari pada mengumpulkan bekal di akhirat maka akan lebih mudah di perdaya syetan karena hakekatnya dunia ini hanyalah fatamorgana, hanya sementara. Dan apabila ia cerdas dan beriman maka ia akan sibuk mengumpulkan bekal untuk akhirat dari pada mengejar kemewahan sementara

4. Panjang Angan-angan

Sobat surga, ada beberapa hadis yang menyindir dan melarang kita untuk menjauhi sifat panjang angan-angan ini.
     Rasulullah SAW bersabda, " Hati orang tua tetap merasa muda dalam dua perkara : cinta pada dunia dan panjang angan-angan" (HR. Bukhari)
     Satu ketika Rasulullah berkata kepada Abdullah bin Umar sambil memegang bahunya, " jadilah kamu di dunia ini seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan''.
     Ibnu Umar berkata, " jika engkau berada di sore hari, jangan menunggu datangnya waktu pagi. Dan jika berada di pagi hari, jangan menunggu datangnya waktu sore. Manfaatkanlah waktu sehatmu untuk sakitmu dan waktu hidup untuk matinya" (HR. Bukhari)

5. Rakus

Rasulullah SAW bersabda, "kekayaan itu tidak di ukur dari banyaknya harta tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kecukupan yang ada di dalam jiwa" (HR. Bukhari)

6. Kikir

"Ya Bani adam, jika kamu menafkahkan apa yang menjadi kelebihan hartamu, itu akan bernilai kebaikan dan jika engkau menahannya itu akan bernilai keburukan untukmu" (HR. Bukhari).

7. Sombong

Rasulullah bersabda, " tidak akan pernah masuk surga, orang yang di dalam hatinya terdapat sifat sombong walaupun sebesar biji darah" ( HR . Muslim, Tirmidzi)

8. Suka di puji

Ziyad bin Abu Muslim berkata, " Tidaklah seseorang menerima pujian dan sanjungan, melainkan setan akan membanggakan hal itu di dalam hatinya."

9. Riya' dan Ujung

Masruq berkata, " cukuplah seseorang Dikatakan berilmu ketika dia takut kepada Allah dan cukuplah seseorang dikatakan bodoh, ketika merasa bangga dengan amalannya".

10. Keluh Kesah dan Gundah Gulana

Abdul Hasan Al-mawardi berkata, " di antara kegelisahan adalah selalu mengingat musibah yang menimpanya, sehingga sulit melupakannya dan selalu dihantui. Sebab dengan mengingat sesuatu tidak akan terlupakan."

"Sabar itu adalah cahaya" ( HR. Muslim)

"Siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah maka Allah akan mengujinya" (HR. Bukhari)

" Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga orang kafir". (HR Muslim dan Tirmidzi)

11. Mengikuti Hawa Nafsu

Abul Hasan Al-mawardi berkata, "Hawa Nafsu adalah penghalang kebaikan dan penentang akal. Sebab ia melahirkan kejelekan Budi pekerti, menampakkan cacat moral, memangkas tirai harga diri, dan membuka pintu masuk setan."

Sobat surga, itulah dia macam-macam sifat yang harus kita hindari karena itu adalah jalan dari pada setan untuk masuk ke dalam diri kita.
Selain yang di atas, masih banyak lagi sifat-sifat yang harus kita hindari, seperti buruk sangka, suka menghina seorang mukmin, meremehkan dosa, merasa aman dari Azab Allah dan sering putus asa dari Rahmat Allah. Itulah dia macam-macam sifat yang harus kita buang jauh-jauh dari diri kita.
Sekian dulu ya sobat surga... Semoga bermanfaat dan sebagai pengingat untuk kita semua, terutama untuk Mimin sendiri..

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatu

Rohim, Eri Abdul. 2014. 15 Menit Langsung Bisa Ruqyah Mandiri. Jakarta : Hilal Media

Macam-macam Hati

Assalamualaikum sobat surga

Rasulullah SAW bersabda, bahwa di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila baik maka baiklah seluruh amalan. Dan apabila buruk, maka buruklah seluruh amalan. Dan Segumpal daging itu adalah hati.

Sobat surga, dari hadis di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa hati adalah pusat dari segala perbuatan. Apabila hati baik, maka seluruh amalan menjadi baik. Lalu apabila hati buruk, maka buruk pula amalan.

Sobat surga, saya pun pernah merasakan ini. Ketika ingin beraktivitas, tak enak. Bawaannya mau marah terus, sampe-sampe hal spele jadi besar dan akhirnya mengundang selisih paham dengan teman, tetangga, atau orang terdekat kita.
Semua berawal dari hati yang tak tenang.

Sering juga, bawaan kesel aja nengok orang lain padahal dia nggak ngapa-ngapain, gak salah apa-apa tapi kita kesel aja gitu ngeliatnya. Nauzubillah, mungkin memang ada yang salah dengan hati kita

Hati yang sakit, maka seluruh badan akan terasa sakit. Pembaca pernah gak ni merasakan sakit hati? Hehe, biasanya ini problemnya anak muda ni yang begini, hehe.

Sobat surga, udah jauh ni obrolan kita, saya mau ngasih sedikit informasi ni, mengenai macam-macam Hati.
Hati aja banyak macamnya ya, hmm penasaran gak ni sobat surga, apa aja itu macam-macam hati. Nih aku kasih tau yaaaa

1. Hati yang hidup

Sobat surga, hati yang sehat adalah hati yang membuat pemiliknya selamat pada hari kiamat karena ia menghadap kepada Allah dengan membawa hati tersebut.
Nah sobat surga, jadi hati yang sehat adalah hati yang selalu mengajak kita beribadah kepada Allah, dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya sehingga kita bisa selamat di hari kiamat, insyaallah.

2. Hati yang mati

Yaitu hatinya orang-orang kafir. Karena hati ini tertutup oleh penutup, mas cahaya ilmu dan iman tidak akan dapat masuk ke dalam hati untuk selama-lamanya.
Ngeri ya sobat surga, mudah-mudahan kita terhindar dari penyakit hati yang mati

3. Hati yang sakit

Tidak mengenal dan tidak bisa mencintai Allah, tidak pernah merindukan perjumpaan dengan Allah, tidak mau kembali ke jalan yang di ridhoi Allah dan lebih suka mengikuti syahwatnya.
Nauzubillah... Mudah-mudahan Hati kita jauh dari penyakit ini ya sobat surga

Nah, itulah dia sobat surga, macam-macam hati mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan hati kita termasuk golongan hati yang hidup sehingga kita senantiasa mengingat Allah dan selamat pada dahsyat huru-hara pada hari kiamat. Aamiin

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatu

Senin, 21 Mei 2018

Puisi "Jejak lembayung"

Apa yang terjadi wahai cinta. Sejauh ini aku masih tak paham. Aku adalah hujan, mungkin kau tak suka, aku paham jika kau ingin berteduh.
Tapi kau lama sekali. Ku kira kau hanya sebentar. Tapi ternyata sejauh ini kau tak kunjung kembali.
Wahai lembayung yang meninggalkan hujan. Jejak kakimu di antara tanah yang basah masih ada dan utuh. Selalu ku tatap kala ku rindu. Kala itu kau terlihat sangat bahagia.
Kau mengatakan kau sangat menyukai hujan dan ingin selamanya bersama hujan. Tapi seketika kau merasa sedikit dingin, kau lalu pergi. Kukira hanya sebentar, tapi nyatanya kau tak kembali.
Aku adalah hujan, kau boleh pergi jika kau tak suka. Tapi harusnya kau tak pernah datang menghampiri dan bermain saat aku turun.
Aku sangatlah riang melihat mu hadir tertawa bersama ku saat aku turun.
Tapi bahagia itu hanya sejenak. Lalu kau pergi dan tinggallah hujan sendiri.
Mentalmu sangatlah lemah wahai lembayung. Hanya karena sedikit kedinginan kau pergi tanpa pesan.
Aku rindu melihat mu tertawa menari bersama ku. Kita menari bersama memberi warna dan membuat suasana menjadi indah.
Tapi apalah daya. Kau telah pergi dan aku tak tau kau dimana.
Kau datang dan pergi saat hujan sedang lebat-lebatnya. Padahal banyak hal yang ingin aku katakan. Banyak hal yang ingin aku sampaikan, banyak hal yang belum kita lakukan bersama.
Wahai lembayung, akankah kau kembali.
Akan kah kau menempati janji bahwa kau tak akan meninggalkan hujan.
Wahai lembayung, aku masih disini. Aku masih turun dengan derasnya, berharap kau datang di saat seperti ini.
Aku adalah hujan, pikirkan baik-baik jika kau kembali. Siapkah kau selalu basah dan kedinginan?
Aku adalah hujan, yang akan selalu ada saat ini dan selamanya, jika kau rindu kau boleh menatapku, akupun juga begitu.
Aku adalah hujan, hanya dia yang siap selalu menahan rasa dingin untuk tetap bisa bersama ku. Dan aku berharap itu kamu.
Aku adalah hujan, dan aku akan selalu merindukan lembayung.

Minggu, 20 Mei 2018

Cerpen 'Karena kecintaan dan kehormatan'

Baginya, dunia yang begitu luas menjadi sempit sehingga dia menjadi bingung, pikirannya kacau dan hatinya sedih. Namun harapannya kepada Allah sangatlah besar. Pada suatu hari, dia melihat seorang laki-laki tua yang miskin mengadukan nasibnya sambil menangis. Maka dia pun memberikan semua uangnya sebesar 50 Riyal kepada laki-laki miskin itu. Dia lalu memuji Allah karena telah memberinya kemudahan untuk bersedekah dan dia berharap agar amalannya diterima oleh-Nya.

Keesokan harinya, dia pergi menemui orang yang pernah memberinya pinjaman. Setelah duduk beberapa saat, dia minta dibacakan catatan hutangnya, maka orang itu pun membacakannya dan membebaskan seluruh hutangnya yang mencapai 12.000 Riyal. Bahkan orang itu memberikannya beberapa Riyal untuk keperluan selama beberapa hari. Dia sangat bersyukur kepada Allah atas karunia yang telah Allah berikan kepadanya. Dia juga mendoakan agar orang yang membebaskan hutangnya mendapat ampunan dari Allah sebagaimana dia telah membebaskan hutangnya.

"Sabar adalah mahkota. Kesetiaan adalah harga diri. Memberi adalah kenikmatan, banyak bicara adalah omong kosong. Tergesa-gesa adalah kebodohan, dan kebodohan adalah aib. Berlebih-lebihan (dalam berkata) adalah kebohongan. Berteman dengan orang yang suka berbuat hina adalah kejahatan, dan berteman dengan orang fasik adalah sumber prasangka buruk" ( Ali bin Abi Thalib).

Ar-Rab'i, Khalid bin Sulaiman. 2010. Kisah-kisah Nyata Keajaiban Sedekah. Jakarta: Pustaka Al-Fadilah

Orang yang berhak menerima sedekah

Assalamualaikum, hallo sobat surga... Apa kabarnya hari ini? Masih lancarkan puasa nya, mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan Allah SWT

Nah, bulan ramadhan, kita di anjurkan untuk lebih banyak berbuat kebaikan dan memperbanyak ibadah. Salah satunya adalah sedekah

Siapa yang sudah sedekah hari ini angkat tangan??? Hehe.
Eh, tapi sedekah bukan hanya di bulan Ramadhan aja, mentang-mentang bulan Ramadhan di anjurkan sedekah eh di bulan lain gak pernah sedekah. Wih wih jangan sampe gitu ya sobat surga.
Sebagai generasi muslim yang baik kita harus terus melakukan sedekah, baik di bulan Ramadhan ataupun di bulan lainnya

Nah, jadi siapa sajakah orang-orang yang berhak menerima sedekah???

Khalid bin Sulaiman Ar-Rab'i mengatakan bahwa orang yang berhak menerima sedekah tidak memiliki batasan dan ketentuan. Cakupan orang yang berhak menerima sedekah lebih luas daripada orang-orang yang berhak menerima zakat sehingga meliputi seluruh pintu kebaikan seperti, silaturahmi, menyantuni anak yatim dan para janda, orang-orang yang tertimpa musibah, membangun masjid, sekolah, rumah sakit, jembatan, sedekah jariyah dalam bentuk penyediaan air minum, mewariskan mushaf, menanam pohon kurma, membangun asrama bagi para gelandangan, dan masih banyak lagi mungkin tidak bisa dihitung jumlahnya

yang pasti, sebagai penerus Islam yang kaffah kita harus terus melakukan amalan yang satu ini

Jangan lupa sedekahnya ya sobat surga... Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatu

Jumat, 18 Mei 2018

Cerpen Ramadhan Bulan Penuh Rindu

Assalamualaikum
Apa kabar teman-teman yang Budiman
Bagaimana kabar iman mi hari ini? Semoga semakin meningkat dan selalu dalam lindungan Allah

Bulan suci Ramadhan, adalah bulan penuh ampunan juga bulan penuh makan. Banyak berkah yang kita dapatkan di bulan ini.
Amalan ibadah yang pahalanya berlipat ganda, belum lagi jika kita mampu meraih malam seribu bulan, yaitu malam dimana satu malam itu setara dengan malam seribu bulan.

Memperbanyak ibadah adalah hal yang di utamakan di bulan istimewa ini. Semua orang berlomba meningkatkan amal ibadahnya kepada Allah SWT. Sungguh indah sekali Allah menciptakan bulan ini untuk kita, ingin rasanya setiap hari adalah bulan ramadhan. tapi sayang, bulan ini hanya ada 30hari dalam satu tahun. Itulah kenapa bulan ini selalu dinanti oleh seluruh umat islam dan menjadi bulan yang special

Luar biasa sekali antusias umat muslim menyambut bulan ini, subhanallah maha besar Allah.

Tapi entah mengapa saya merasakan... Di bulan ramadhan ini ada yang kurang, jiwa ini seperti merindukan sesuatu, sosok yang jauh disana, yang selalu mendoakan dan bekerja, yang selalu mengusap wudhu di wajahnya untuk mendoakan yang terbaik untuk ku.

Rindu belaian tangan kasar itu, rindu racikan sambal belimbing buatan tangan kasar itu. Rasanya aku semakin jauh, lima tahun sudah tak melewati ramadhan bersamamu ibu. Aku merindukan mu

Aku tau kau pun juga merindukan anak mu ini, ibu. Mohon bersabarlah. Aku disini untuk mencapai semua harapan yang dulu pernah kita ukir bersama.

Aku masih ingat apa yang kau inginkan dari ku sewaktu aku kecil. kala itu aku hanya bisa merengek, marah dak membentak. Yang padahal itu adalah yang terbaik untuk ku.

Doakan aku berhasil Disini, dan mewujudkan semua mimpi-mimpi itu. Sungguh tak ada niat melukai hati mu, ibu.

Maafkan aku yang sampai saat ini hanya bisa merepotkan dan menjadi beban, aku tak sanggup berjanji akan menjadi seorang yang memiliki harta berlimpah, karena aku tak bisa menebak suratan masa depan.

Tapi aku selalu berusaha untuk menjalani kewajibanku sebagai manusia untuk taat kepada Allah, lalu berdoa agar Allah selalu menjaga mu dan memuliakan mu.

Ibu, rindu makan sahur bersama, rindu sujud bersama, rindu makan buka puasa buatan ibu. Meski lelah kau tetap mendahulukan keinginan ku dari pada apa yang kau inginkan.

Aku salut padamu, atas keteguhan hati mendidik ku sampai sebesar ini. Harus kau tau aku sangat bangga terlahir dari seorang ibu yang hebat seperti mu, ibu.

Salam rindu untuk semua ibu, dimana pun berada
wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu

Minggu, 06 Mei 2018

Risaunya Hati

Assalamualaikum, Hay selamat pagi teman-teman yang Budiman
Pernah nggak sih kamu ngerasa buntu, boring, males, kadang merasa bodoh, benci sama orang lain tanpa alasan.
All right, semua yang saya sebutkan di atas adalah penyakit hati. Berbahaya...
Sakit yang paling mematikan adalah penyakit hati.
Kemanapun kamu pergi, kamu akan merasa sakit dan risau. Bagaimana bisa kita melanjutkan hidup, bagaimana bisa kita beraktivitas sedangkan pusat dr segala rasa itu sedang sakit
Rasulullah bersabda bahwa di dalam di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila baik maka baiklah seluruh amalan, apabila ia buruk maka buruk pula seluruh amalan. Dan segumpal daging itu adalah hati.
Guys... Jadi kerisauan yang tak berujung itu penyebabnya adalah hati yang sakit.
Jadi bagaimana mengobati hati yang sakit ini, ada 4 hal yang harus kamu lakukan
1. Solat tepat waktu
2. Tilawah
3. Solat malam
4. Sedekah
Solatlah tepat waktu dan perbanyak tilawah. Sesekali kamu perlu solat malam (tahajud) bisa jadi hati yang risau itu karena merindukan Rabb nya. Sering kali saat sedang bimbang, kita sibuk mencari cari tempat jalan, hanya untuk menghibur diri, tapi pas pulang eh ternyata hati ini masih risau. Rindu tapi entah rindu pada siapa, benci entah benci dengan siapa. Karena memang hati yang sakit, bukan fisik.
Berbahaya sekali penyakit ini. Kita sibuk mencari obatnya tapi ternyata obatnya sangatlah dekat, yaitu menghadap Rabb pencipta hati.
Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu