Langsung ke konten utama

Cara mengendalikan nafsu dari hal-hal yang dibenci Allah

Hamdan wa Syukron lillah salatan wasalam ala rasulillah wa ba'du

Pembaca yang budiman, bahagianya berjumpa dengan bulan suci ramadhan, Betul bukan?. Pastinya kita kita bahagia, karena bulan ramadhan adalah bulan penuh ampunan.

Pembaca yang Budiman, ramadhan sejatinya adalah tarbiyah atau latihan bagi kita untuk mengendalikan hawa nafsu. Nafsu adalah anugerah dari Allah SWT yang ada pada diri kita. Dan nafsu berpotensi untuk melakukan hal buruk dan dia juga berpotensi untuk melakukan hal baik.

Pembaca yang Budiman, Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surah asy-syam ayat 7-10 yang artinya "demi jiwa serta penyempurnaan ciptaannya, maka dia mengilhamkan kepadanya jalan kejahatan dan ketaqwaannya, sungguh beruntung orang yang menyucikan jiwa itu, dan sungguh rugi orang yang mengotorinya"

Di dalam ayat ini Allah SWT mengatakan bahwa nafsu di dalam manusia berpotensi untuk melakukan hal baik dan juga hal buruk, nafsu dapat membawa kita taat kepada Allah, namun nafsu juga dapat membawa kita maksiat kepada Allah SWT. Jadi sangat beruntunglah bagi mereka yang dapat mengendalikan nafsunya dan sungguh merugi bagi mereka yang menyalahgunakannya.

Lalu, yang menjadi persoalannya adalah bagaimana caranya agar kita dapat mengendalikan nafsu dari hal-hal yang dibenci Allah, saya akan menjelaskan 3 cara :

Cara yang pertama adalah dengan memfungsikan akal, imam al-mawardi dalam bukunya adabud dunya waddin mengatakan bahwa salah satu cara untuk mengendalikan hawa nafsu adalah dengan memfungsikan akal dengan ilmu pengetahuan. Jadi, orang yang berilmu maka akan lebih mudah mengendalikan nafsu daripada orang yang tidak berilmu. Itu yang pertama

Cara yang kedua, yaitu dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, Ibnu Qayyim dalam bukunya Mifta daris sa'adah mengatakan bahwa mengendalikan nafsu dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah itu sesuai dengan tuntutan Al-Qur'an, karena kita tau Al-Qur'an adalah Syifa, obat bagi hati dan jiwa.

Cara yang ketiga, yaitu dengan cara mengurangi makan dan minum, imam Al-Ghazali dalam bukunya ihya 'ulumuddin mengatakan bahwa salah satu cara mengendalikan hawa nafsu adalah dengan cara mengurangi makan dan minum. Dan itu sesuai dengan hadits Rasulullah yang mengatakan bahwa syetan masuk kedalam diri manusia adalah dengan melalui aliran darah, jadi persempitlah ruang gerak syetan itu dengan cara mengurangi makan dan minum. Salah satu contohnya adalah puasa saat bulan Ramadhan.

Pembaca yang budiman, mari kita kendalikan hawa nafsu yang ada pada diri kita kepada hal-hal yang dicintai Allah SWT, semoga kita semua mendapat ampunan dari Allah karena kita termasuk orang-orang yang mampu mengendalikan nafsu.

Pembaca yang budiman, sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu

Komentar

  1. Berfikir, bertaqwa dan mengurangi makan dan minum, bissmillah semoga bisa melakukannya....

    BalasHapus
  2. Nafsu makan di kendalikan jgo dak dis? Hehee .

    Mksh pencerahnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Hallo kak, terimakasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar positif ya, semoga hari kk menyenangkan:)

Postingan populer dari blog ini

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, apa kabar hari ini? Jadi kemarin aku ikut webinar yang diadakan oleh grup BW Asik,  berlangsung sekitar 2 jam kurang lebih. topiknya bahas tentang cara meningkatkan traffic blog, yang materinya diisi oleh Bang Doel. Pembahasan webinar ini fokus pada cara meningkatkan traffic blog yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, ternyata untuk meningkatkan traffic blog ini harus memperhatikan banyak aspek. Tidak hanya kita sekedar nulis blog kemudia posting gitu nggak. Dan manfaat dari traffic ini banyak banget, selain untuk sponsorship juga membantu untuk meningkatkan tingkat search di google menuju halaman pertama. Kemudian sebelum membuat konten blog, kecepatan menulis blog kemudian kata kunci, kemudian membuat struktur halaman yang bagus. Aku si bagian ini sempat mengalami kendala, seperti beberapa temen-temen itu nggak bisa komen dan juga nggak bisa buka beranda aku untuk buka artikel lain, tapi setelah ganti template te

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Review Garnier Micellar Water

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo temen-temen. Apa kabar Hari ini? Jadi aku mau ngerivew hasil pemakai garnier Micellar oil-infused cleansing water. Aku pake ini udah lama. Udah satu tahunan dan baru ngerivew sekarang ya karena sempat off nulis blog. But now i'm back hehe Guys kayaknya produk yang satu ini udah buming banget. Yakan, Micellar water sejuta umatlah bisa dibilang. Produk ini tu made in china dan didistribusikan oleh PT. l'oreal Indonesia. Produk yang satu ini selain harganya terjangkau, juga cocok untuk semua jenis kulit Yas thats the poin, aku tipe wajahnya berjerawat, terus berminyak, dan sensitif juga. Jadi termasuk susah nyari produk yang pas khususnya micellar water. Btw aku pernah make beberapa produk micellar water lainnya seperti micellar water teen merek marcks, terus oval pembersih yang bengkoang, dan masih banyak lagi, nanti juga bakal aku review, tunggu aja next artikel aku berikutnya. Dan garnier micellar water ini yang nyaman bang