Langsung ke konten utama

seperti apakah Reproduksi Remaja yang Sehat?



kesehatan reproduksi remaja harus memenuhi unsur-unsur:
tidak ada gangguan dan keluhan, organ tubuh berfungsi secara normal, sertasehat secara objektif yang artinya bukan hanya ‘merasa’ sehat tetpi organ juga berjalan sesuai ukuran dan fungsinya.

Reproduksi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan yang baru. Tujuannya adalah untuk mempertahankan dan melestarikan jenisnya agar tidak punah.

Reproduksi pada manusia dilakukan dengan cara generatif atau seksual dan untuk menghasilkn keturunan baru yang di awali dengan peristiwa fertilisasi/pembuahan. Untuk mampu melakukan fertilisasi, harus melalui kematangan fungsi seksual.

Pada sistem reproduksi, kita mengalamiapa yang sering kita sebut sebagai masa puber (pubertas) pada remaja, yaitu rangkaian perubahan fisik, psikis dan pematangan fungsi seksual

Pubertas adalah tanda bahwa kamu sudah matang secara reproduksi dan bisa menghasilkan keturunan, tetpi kematangan reproduksi tidak serta merta diikuti dengan kematangan psikologis atau emosional. Oleh karena itu, kamu harusbanyak mencari informasi tentang kesehatan reprodusimu sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan terkait masa depanmu.

Pubertas pada perempuan bisanya berlangsung dari usia 10-16 tahun. Pada masa pubertas, tubuhmu berkembang cepat. Tanda pubertas pada perempuan adalah kamu mendapatkan menstruasi pertama kal yang merupakan suatu pendarahan yang akan teradi secara berkala karena peluruhan dinding rahim. Kamubisa menggunakan pembalut pada masa pendarahan ini, dan bisa kamu tanyakan pada ibumu tentang bagaimana menggunaannya.

Hal penting yang jangan kamu remehkan, bicaralah pada ibumu atau kka perempuanmu tentang apa yang kamu alami terutama saat pertamakali kamu mendapatkan menstruasi, agar mereka dapat membantumu melalui masa-masa tersebut.

Pubertas atau masa kematangan alat reproduksi pada remaja pria ditandai dengan keluarnyaair mani (ejakulai) yang pertama yaitu pada saat mimpi basah atau emosi nokturnal. Hal ini merupakan peristiwa pengeluaran cairan semen/manu di saat tidur yang bisa dipicu mimpi yang erotis maupun tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri.
Beberapa remaja putra mengalami rasa tidak nyaman sehubungan dengan perkembangan lengan dan kaki. Selain itu, kamu akan mengalami perubahan suara berat, seperti suara pecah, tapi ini akan kamu lalui. Lalu di bagian wajah tumbuh kumis, juga pertumbuhan rambutdi tubuh emakin lebat.

Kamu juga akan mendapati bahwa bahwa kamuberkeringat lebih banyak dan beraroma lebih menyengat, serta tumbuh jerawat. Rajinlah membersihkan tubuhmu untuk mngurangi hal-hal yang mungkin tidak menyenangkan tersebut

Pada masa pubertas, perubahan emosmu mungkinlebihkuat dan sering. Sesaat tad kamu merasa hebat dan seaat kamudian kamu merasa jatuh. Kemu juga akan merasakan ketertarikan kepada lawan jenismu dan mungkiakan membuatmu merasa emosi dan galau.

Walaupun kamu merasa perubahan emosimu itu serin tidak terkendali, hal itu merupakan bagian dari pertumbuhan. Amu bisa melakukan olahraga, menari, menulis, musik, senirupa sebagai cara untuk melepaskan tekanan dan membantu mengendalikan emosi.

Normalnya, semua orang mengalami masa puber, maka bicaralah pada orang dewasa seperti orang tuau. Percayalah orang tuamu pun pernah mengalami masa puber, mereka akan membantumu melalui masa perubahan ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lite Lip Cream Sariayu Cocok untuk Semua jenis bibir

Assalamualaikum temen-temen tau nggak? Selain kulit wajah, bibir juga merupakan bagian penting untuk mendukung penampilan agar terlihat menarik. Makanya tak heran banyak jenis kosmetik yang selalu berinovasi jenis-jenis lipstiknya untuk mendukung kecantikan para wanita. Di Era sekarang, kosmetik udah banyak, dengan jenis dan brand yang berbeda. Sangking banyaknya bingung mau pilih yang mana. Selain itu kita juga harus paham tentang beberapa jenis kulit bibir yang tidak bisa sembarang menggunakan lipstik. Contohnya : jenis kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, tidak cocok menggunakan lipstik mate, karena akan menyebabkan masalah bibir lebih parah. Jadi harus hati-hati ya memilih lipstik, jangan sampe lipstik yang kamu beli tidak cocok dengan jenis kulit bibir kamu. Makin bingung ya??? Aku punya solusi nih untuk kamu yang kebingungan memilih lipstik. Aku rekomendasikan untuk menggunakan Lite Lip Cream Sariayu Martha Tilaar. Kenapa aku rekomendasikan lipstik yang satu in

Tips merawat kulit sensitif

Hallo temen-temen, pernah ngalamin nggak? Yang namanya kulit sensitive? Aku sih pernah ya, dan rasanya tu bener-bener nggak nyaman. Karena di kondisi ini, kulit wajah kita tu kayak ngambek gitu, serba dikasih apa aja nolak!! Dikasih nutrisi nolak, dikasih cream nolak, perawatan apalagi. Duhhhh!! Serba bingung deh kalau udah ketemu yang namanya kulit sensitive, biasanya ni, kalau cewek, kulit sensitive ini munculnya menjelang atau pas datang bulan. Kulit akan lebih sensitive dan rentan mudah sakit. Jadi kita ciwi-ciwi yang  rentan megalami ini, tapi ngak menutup kemungkinan juga buat para cowok-cowok yaaaa hihihik, jadi bua yang sedang mengalami kulit sensitive,aku mau bagi-bagi tips buat kalian, gimana caranya merawat kulit sensitive, berikut tipsnya Tips Merawat Kulit Sensitif‼️ 1.Pilih produk perawatan wajah khusus wajah sensitif mulai dari pembersih, pelembab, hingga make up. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, kulit kering, jerawat, kusam, it

7 Manfaat Main Game

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo temen-temen, sudah menuju penghujung tahun nih, biasanya aktivitas mendadak padat kalo sudah menuju akhir tahun. Sangking padatnya aktivitas, jadi sedikit punya waktu untuk refreshing ya kan. Tapi aku selalu punya cara untuk merefresh otak supaya nggak tegang banget di sela padatnya aktivitas sehari-hari, yaitu main game. Adakah yang sama kayak aku? Ternyata main game juga banyak manfaatnya, lho. Jika kita cermati, sedikit dampak negatifnya justru memiliki banyak dampak positif. Nah apa saja itu? Berikut 7 manfaat main game : 1. Merefresh otak Setelah sibuk beraktivitas. Otak akan merasa jenuh, apalagi dengan aktivitas yang itu-itu aja. Maka dari itu kita bisa memulai aktivitas baru sehingga otak jadi nggak kaku banget. pernahkan saat sedang beraktivitas tapi mentok nggak tau mau ngerjain apa lagi. Itu disebabkan karena kita bosan melakukan aktivitas itu-itu aja. Main game merupakan salah satu cara yang efektif untuk merefresh otak s