Kamis, 08 Maret 2018

CERPEN "dari cinta, dengan cinta..."

DARI CINTA UNTUK SEMUA
Kring...kring...kring...kring... Uummhh... selamat pagi dunia, menatap ke arah jendela kamar, semua tempat dan jalanan sudah ramai orang berlalu lalang memulai aktivitas.
Jam dinding menunjukkan tepat pada pukul 07:00 wib, alhamdulillah aku nggak kesiangan ke kampus. Gara-gara udah subuh tidur lagi ya kayak gini ni. Kalau nggak tidur udah subuh pasti waktu jam kuliah ngantuk. Resiko mahasiswa yang suka begadang sih!!.
Tapi begadangnya aku, begadang berkualitas dong!. Aku begadang bukan melamun. Tapi lagi sibuk ngejar deadline untuk louncing novel aku sebelum lebaran tahun ini. lumayan sibuk sih! belum lagi tugas kuliah.
Semuanya harus akun jalani bersamaan dan harus memberikan hasil yag sempurna. Bukan Ika namaku jika aku tak mampu menyelesaikan tugas dengan baik.
Saatnya mandi dan berangkat ke kampus kesayangan... go.. go... go...
Langkah tegap pasti, begitu semangatnya aku tahun ini semua target harus tercapai dan semua tugas harus terlaksanakan.
Saat perjalanan menuju kampus
“AAuuuu... aduuuhhhh!!” Duuuh sakitnya... kaki ku awww
“ya ampuuunnn! Pelan-pelan dong Ika jalannya, mana yang sakit?” sahut alya yang langsung menghampiri ku dan melihat-lihat kai ku yang tersandung itu
“... aduh sakitnyaaaa”
“kamu sih, jalan tu hati-hati dong, pelan-pelan kalo jalan. kampus Cuma lima langkah kayak gini kok buru banget”
“ummhh tadi aku emang nari-nari dikit gitu sangking semangatnya ngampus hari ini”
“ya udah yok ah! Pelan-pelan aja jalannya”
“iya iya..., Alya bawel”
***
Alhamdulillah sampe kelas juga. Hari ini mata kuliah Hadist Dakwah. Bener-bener nggak suka sama mata kuliah ini. tapi ya.... namanya juga mahasiswa, kalau nggak mau kuliah ya tinggal pulang kampung.
Meskipun menempuh pendidikan di bidang dakwah, yaitu prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam. Tapi aku sama sekali tak tertarik untuk menjadi seorang pendakwah. Aku bercita-cita ingin menjadi seorang jurnasil.
Aku ingin berdakwah dengan tulisan ku. cita-cita ku ini luar biasa bukan?. Bagi ku sih luar biasa, aku sudah memulainya dengan aktif menulis di akun blogger ku. dan sudah aku tekuni sejak satu tahun lalu.
Sebenernya aku mulai hobi menulis semenjak duduk di bangku SMA, saat itu aku hobi menulis surat cinta untuk seorang cowok yang aku suka waktu zaman sekolah. hihihi lucu kalau di inget-inget.
Mulai semenjak aku jadi benar-benar hobi menulis, setiap hari aku luapkan seluruh iri hati ku melalui buku daery. Sambil mengisi waktu senggang aku juga sering menulis cerpen mengenai cinta monyet anak sekolahan. Sering juga menulis puisi, puisi cinta. Hehe
Bagiku menulis adalah segalanya. Dengan menulis aku menjadi bahagia, dengan menulis aku merasa aku menemukan diri ku. menyenangkan!
***
Sore hari setelah selesai ngajar, barulah aku menjemput teman ku, notebook mungil yang selalu menemani kesendirian ku di kamar.
Ya.. aku juga seorang pengajar, di TPQ kasih ibu yang tempatnya tak jauh dari kampus. belum lama menjadi guru disana. Baru beberapa bulan. tapi sudah terasa nyaman. bisa bergagi ilmu dan suka cita dengan adek-adek lucu itu tentunya ada rasa kebahagiaan tersendiri.
Sibuk banget memang. karena aku mau setiap hari ku tak ada waktu yang terbuang sia-sia. Semua waktu termanfaatkan untuk hal-hal bermanfaat dan positif tentunya.
Pulang dari TPQ, barulah aku menyepi ditemani notebook dan secangkir kapucino hangat, dan satu lagi, Allah. Karena sejatinya aku tak pernah benar-benar sendiri. Karena aku tu Allah akan sellau bersama ku sepanjang waktu.
Karya pertama yang aku tulis satu tahun yang lalu dan aku muat di blog lumayan mendapat komentar-komentar positif, judul artikelnya LUKA.  Dan ternyata meskipun begitu alhamdulillah banyak yang bilang bagus lo tulisan ika, kenapa nggak buat novel aja?. Untuk Menjawab pertanyaan itu tentunya aku harus berjuang lebih keras lagi untuk mewujudkan menulis sebuah novel.
Selain itu, banyak juga yang seolah nggak percaya bahwa aku hobi nulis, karena pada dasarnya Ika yang orang kenal diluar sana itu adalah seorang perempuan periang, lucu dan suka bertingkah konyol hanya agar orang lain tertawa. “Mending kamu jadi pelawak aja ka nanti aku daftarin kamu ke lawak club, hehe” sampe di bilangin gitu sama salah satu temen aku.
Ya.. apapun itu, siapapun aku dimata mereka diluaran sana, aku yakin suatu saat aku akan menjadi seorang penulis profesional. Tentunya mulai dari mimpi dan hal-hal kecil yang sudah aku mulai. Hal kecil jika kita lakukan terus menerus pastilah akan menjadi besar.
Yang paling penting bagi ku dalam hidup adalah selalu mencintai semua orang dan berteman dengan baik. Meskipun aku menulis lebih suka sendiri dan sepi tapi aku selalu berusaha membuat semua teman-teman ku bahagia saat bersama ku.
Itulah kunci kebagian bagi ku untuk mengantarkan ku menuju gerbang sukses. Karena meskipun aku berjuang sekuat tenaga tapi tak ada yang mencintaiku maka aku belum bisa dikatakan layak untuk sukses.
Karena kebiasakan ku yang suka melawak di kelas membuat aku lebih diperhatikan oleh mereka. Alya salah satunya. Alya adalah sahabat ku yang paling dekat denganku dari pada sahabat-sahabat kami yang lain. Dia amat mengenal kemampuan menulis ku
Dia juga yang telah membuat akun blogger untuk ku. katanya agar aku punya tempat untuk berbagi tulisan ku ke semua orang. Dan yang pasti! Dia amat sering marah pada ku jika pas lagi buka blog dan melihat akun ku yang kadang aktif kadang tidak.
Hmmm, maaf ya Al dan makasih. Berkat cinta yang selamat ini kita jalin membuat mu begitu memperhatikan ku. Blognya akan tetap aktif kok. Dan akan selalu aku aktifkan dengan membagikan karya-karya tulis terbaik ku di dalamnya.
Begitulah pentingnya hidup, terus berkarya dan bekerja. Semoga kita semua bisa memaknai hidup ini bahwa mencintai semua orang itu penting dan berkarya itu penting.
Semuanya berawal dari Cinta, mulai dari cinta monyet hingga luka batin lalu mencintai semua orang, aku menemukan siapa diri ku. yaitu seorang penulis. Ya.... aku akan tetap menjadi penulis.
Dengan cinta kita bisa belajar semua hal, sedih duka bahagia. Tinggal kita sendiri yang menentukan ingin bahagia, bersesih atau berduka. Dan yang paling penting cintailah semua orang, itulah kesuksesan yang hakiki.

Teruslah berkarya dengan cinta.

CERPEN "obat luka hati sejenak, clonazepam"

“obat luka sementara”
Clonazepam Adalah obat yang selalu aku minum untuk menahan rasa sakit ku. Obat ini tidak menyembuhkan sih, tetapi hanya untuk meredam rasa sakit sementara jika aku tidak mampu melawan rasa sakit ku dengan  kesabaran. Obat ini biasa diminum oleh orang yang menderita rasa cemas dan rasa takut yang mencekam akibat  trauma mendalam di masalalunya, Sehingga menyebabkan jiwanya terganggu. Aku minum obat ini, bukan berarti aku gila. Aku masih sehat kok, sama seperti kalian, hanya saja aku mengkonsumsi obat ini agar aku bisa melanjukan hidup ku. Yah... Itulah alasannya.
Aku harus melanjutkan hidup ku, menuju ke masa yang membuat aku berubah, dan impian yang ingin aku tempuh. Tapi untuk memulai semua itu tentu tidaklah mudah, terlebih rasa kecewa dan sakit hati ini selalu saja menyiksa batin ku siang dan malam. Untuk itu aku membutuhkan sesuatu untuk membantu ku menahan rasa sakit ini. Jeritan dan tangis selalu melintas di penglihatan ku.
Cinta sejati, pesta pernikahan, kebahagiaan dan harapan yang aku rancang sedemikian rupa pada saat itu, semua hilang, dan orang  yang aku cinta pun hilang bak ditelan bumi, aku tidak tau dia dimana, pernah aku berusaha mencari, tetapi, semakin aku mencari tetapi justru membuat luka di batin ku ini bertambah sakit, sakit sekali... tak bisa ku jelaskan seperi apa rasa sakitnya, tetapi rasa sakit ini yang membuat hidupku semakin hancur.
Langkah demi langkah aku memulai untuk mencari tau tentang kekasih yang aku cinta, tiba-tiba aku melihat dia sedang berjalan tepat di depan hadapan ku, aku terdiam tercengang, kemudian aku lari untuk mengejar dan memanggil namanya, alhasil apa yang terjadi?. Dia hanya menoleh, dan kemudian pergi dengan angkuhnya, seolah-olah dia tak mengenal ku, apalagi merasa pernah menyakitiku, aku terdiam, aku tegarkan hati ku, aku melngkah perlahan untuk lanjut megejar dia. Tapi kaki ku terasa sangatlah lelah, kemudian aku berhenti dan menangis, ya tuhan! Begitukah sifat laki-laki yang aku cintai, hatinya sekeras batu. Ia seolah-olah buta dan tuli. Sungguh aku menyesal. Andai bisa ku putar waktu, tak ingin menemui takdir ini. Begitu pahit terasa.
Tetapi aku masih bersyukur, terlahir dari keluarga yang cukup kuat agamanya, mungkin saja ilmu agama itu mengalir dalam diriku, tuhan ku telah menyelamatkan ku dari petaka dunia.
Tapi disisi lain aku sedih, karna tak semua dari kaum ku, kaum peremuan yang beruntung seperti ku, aku menyaksikannya, sebagaian besar perempuan yang hidupnya hancur karena laki-laki, mungkin tidak semua laki-laki, tetapi yang aku maksud disini ialah laki-laki yang pengecut dan tak ingin bertanggung jawab.
Berawal dari putus cinta, ditinggal sang kekasih yang sangat ia cintai. Tak ada tempat untuk berkeluh kesah dan mencurahkan betapa sakitnya hati, ahirnya mencari jalan pintas, betapa banyak kita temukan perempuan yang terjerumus dalam dunia malam, narkoba, miras, pelechan seksual, dan gangguan kejiwaan. sebagian besar perempuan-perempan malang itu berawal dari luka batin akibat cinta yang teputus.
Putus cinta dalah awal kehancuran kebanyakan perempuan. Meskipun tidak semua perempuan. Tetapi yang aku maksud didsini ialah perempuan-perempuan malang yang aku sebutkan di atas. Putus cinta adalah benih yang akan terus tumbuh dan berkembang hingga menjadi besar dan disinilah puncak kehancuran itu. Mari kita lihat ahir dari kisah, bunuh diri adalah salah satunya, sebagian besar korban bunuh diri ialah perempuan. Penyebabnya yang tak lain ialah, cinta yang tak sampai, putus cinta, kehamilan rahasia, korban pelecehan, sebagian besar adalah perempuan. Ada lagi perempuan yang memilih jalan pintas menghabiskan sisa hidupnya menjadi kupu-kupu malam. Karena sudah kehilangan mutiara paling berharga dalam hidupnya, merasa hidupnya tidak berguna, merasa asing di dekat teman-teman dan ahirnya mengambil jalan pintas hingga tersesat di dunia malam. Ketika sudah masuk ke dunia malam, tentu saja sahabatnya ialah miras dan narkoba. Padahal tidak semua dari perempuan kupu-kupu malam ini terkahir dari keluarga yang kekurangan secara ekonomi. Sebagian besar mereka adalah orang-orang yang hidup berkecukupan, banyak yang dari anak pejabat, pengusaha. Dan orang-orang besarlainnya. Betapa menyedihkannya nasip para kaum perempuan ini. Mereka akan dipandang buruk oleh masyarakat umum. Mereka akan di pandang seburuk buruknya manusia.
Sedih rasanya, ingin aku menjadi wakil dan menjelaskan perasaan para perempuan-perempuan malang itu. Mereka seperti itu semua ada penyebabnya. Mereka seperti itu kadang mereka tidak punya pilihan. Karena tidak semua manusia akan mendapat petunjuk dari tuhannya.
Mari kita lihat perempuan-perempuan yang terbunuh dalam kejadian tidak senono. contohnya pemerkosaan. Aku rasa ia harus di hukum seberat-beratnya. Aku sih tidak mengatakan semua laki-laki itu bejat disini, tetapi setidaknya ada tanggung jawab setelah itu. Aku juga pernah mendengar kata-kata, jangan salahkan kucing yang memakan  ikan asin yang di taroh sembarangan, tentunya ini sindiran yang sangat pedas untuk kaum perempuan. Karna memang pada dasarnya sifat laki-laki itu suka menggoda.Tetapi, tetap saja laki-laki yang lebih banyak salahnya disini, karena pada dasarnya. Perempuan tidak memulai sebelum laki-laki memulai da perempuan selalu akan menjadi korban. Jika perempuan sudah menjadi korban,  tentu saja laki-laki adalah tersangka.
Akupun menyaksikan kehancuran nyata itu menghampiri kaum ku. Kematian yang mengenaskan, penjara dan panti rehab akibat narkoba, pelecehan yang mengakibatkan kegilaan. Kasian!.
Tapi aku sedikit lega, karena masih banyak kaum ku yang beruntung. Menjalankan kehidupan normal. Tetapi bukan berarti mereka yang menjalani kehidupan normal lepas dari masalah dan beban hidup, hanya saja, mereka lebih tau bagaimana menggunakan rumus sabar dalam hidup mereka. Pikiran jernih dan didukung oleh iman serta sifat dewasa. Membuat mereka bisa menyelsikan masalahnya dengan cara yang tepat. Aku bangga menjadi perempuan. Meski dengan kekurangan dan keterbatasan ku, aku ingin membuat negara ku bangga dengan ku, meski hanya melakukan hal kecil. Seperti solat 5 waktu meski sesibuk apapun itu. Menutut ilmu agar aku menjadi orang berilmu dan berguna. Serta bertahan hidup meski cobaan dan ujian datang melanda.


Waspada Kekerasan Terhadap Anak



“Kekerasan terhadap anak adalah segala bentuk kekerasan fisik dan mental, pencederaan dan perlakuan salah, penelataran atau perlakuan alpa, perlakuan buruk atau eksploitasi, termasuk perlakuan salah seksual”
Pasal 19 konvensi Hak Anak PBB

Kekerasan terhadap anak menimpa hampir setiap lapisan masyarakat, dan terjadi di berbagai lingkungan – rumah, sekolah, masyarakat, lembaga peradilan dan penasuhan, tempat kerja, dan yang semakin meningkat melalui internet.

Menurutdata yang dikumpulkan oleh pusat data dan Informasi Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2014 tercatat sebanyak 21.869.797 kasus pelanggaan hak anak, yang tersebar di 34 provinsi, dan 179 kabupaten dan kota. Senesar 42-58% dari pelanggaran hakanak itu merupakan kejahatan seksual terhadapanak. Selebihnya adalah kasus kekerasan fii, dan peelantara anak.

Akibat dari kekerasan bersifat langsung, sering berdampak jangkadan permanen, dan secara jelas berdapak pada kesehatan fifik dan emosional anak dan perkembangan sosialnya.

Lingkungan sekolah, lembaga pengasuhan dan peradilanmemainkan pera penting dalam melindungi anak. Namun bagi sebagian kasus, lingkungan itu juga membuat anak terpapar berbagai resiko seperti hukuman fisik, bullying atau perilaku kekerasan.

Kekerasan seksual sering menimpa anak perempuan tetapi tidak menutp kemungkinan terjadi pula pada anak lai-laki. Kekerasan seksual merupakan salah satu pelanggaranhak asasi manusia dan mencangkup penyalahgunaan, pelecehan, perkosaan dan eksploitasi seksual ( termasuk prostitusi dan pornografi ).

Berbgai penelitian mengungkapkan bahwabanyak perilaku kekerasan seksual ( satu atau lebih jenis kekerasan seksual ) dalah anggota keluarga dekat, guru atau tetangga.

Kebanyakan korban kekerasan seksual pada anak berusia sekitar 5 hingga 10 tahun. Modus pelaku dalam mendekati korban sangatlah bervariasi misalnya mereka tinggal mendekati korban dan mengajak ngobrol saja, ada juga yang membujukuk korban, ada juga yang merayu dan ada juga yang memaksakorbannya. Modus yang lebih kini yakni pelaku menggunakan jejaring sosial/internet dengan berkenalan dengan korban, kemudia mengajak bertemu dan selanjutnyamelakukankekerasan seksual.

Tips mendidik anak dan menjaga anak dari korban kekerasan seksual :

1. bangun kedekatanemosidan selalu menjalin komunikasidengan anak

2. sedini mungkin anak harus dikenlkan pada tubuhnya sendiri, mana bagian tubuhnya yang bole diperlihatkan pada/dipegang oleh orang lain dan mana yang tidak.

3. anak harus dibiasakan untuk menolak perlakuan orang lain yang menyebabkan dia merasa tidak nyaman/terganggu/sakit.

4. kalau ada perlakuan yang tak wajar terhadap dirinya, biasakan anak untuk segera bercerita kepada orang tua, guru, atau keluarga yang lain ia percaya.

5. jangan menganggap hal-hal yang terkait dengan orga seksual sebagai hal yang tabu. Tetapi bicaraka dengan bahasa yang dimengerti dan pada waktu yang tepat.

6. ketahui dengan siap dan ke mana anak anda sering menghabiskan waktunya.

Jika anak anda menjadi korban kekerasan seksual, perhatian tanda-tandanya :

1. perhatikan bila ada perubahan perilaku : jika anak mengompol, agresif tanpa alasan jels, menalami mimpi buruk, tidak mau berpisah dari anda jika diantar ke suatu tempat (sekolah/penitipan).

2. perhatikan bila anak menunjukkan perilaku tertutup yang tidak biasa. Dalam banyak kejadian, anak-anak yang menjadi korban merasa malu atau bingung dengan apa yang terjadi karena mereka tidak tahu cara mengungkapkan perasaannya sehingga mereka hanya bisa memendammya

3. perhatikan tanda-tanda fisikyang mungkin ada pada tubuh anak anda. Beberapa tanda terjadinya pelecehan seksual atau kekerasan seksual pada anak antara lain : sulit duduk atau berjalan, pendarahan/memr pada bagian mulut, alat kelamin atau anus, kesakitan ketikabuang air.

Bila anak melaporkan hal yang tidak menyenangkan atau kejadian kekerasan yang dialaminya, percayailah apa yangdikatakan oleh anak. Tetap tenang dan jangan tunjukkan kemarahan anda pada anak. Segera cari bantuan dari orang-orang yang kompeten seperti psikolog, lembaa perlindungan anak atau ke polisi.


Artikel Perempuan Perspektif Islam

PEREMPUAN dalam pandangan ISLAM
baiklah pembaca, kita tinggalkan dulu cerita tentang Juriah. Sekarang kita berpaling ke bab berikutnya yaitu kedudukan dan hak perempuan dalam perspektif islam. Disini kita tidak perlu terlalu serius membahas soal teori karena menurut saya belajar teori itu cukup membosankan sepakat?. Sebenernya agak melenceng sih dari judul novelnya tapi masih mengenai perempuan, gak ada salahnya dong kita bahas sedikit untuk menambah wawasan kita bersama. Yang pentingkan masih soal perempuan.
Mari kita simak beberapa penjabaran dari saya mengenai perempuan dalam perspektif islam dan jangan kemana-mana karena setelah ini kita akan kembali mengikuti kisa juriah jamhari di bab-bab selanjutnya, tentunya dengan cerita seorang juju yang mengharukan serta menggugah jiwa kita semua. sangat sayang apabila dilewatkan... tapi setelah penjabaran berikut ini, chek it out......
Sebelum membahas soal kedudukan dan hak dari seorang perempuan. ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu pengertian perempuan.
Perawan merupakan sebuah gelar atau kehormatan untuk seorang perempuan yang belum penah melakukan persetubuhan. Jadi perawan dalam judul buku ini adalah objek dari perempuan itu sendiri.
jika membahas soal pengertian. Tentunya setiap orang memiliki definisi tersendiri soal perempuan. tapi kita berbicara perempuan menurut versi saya tentunya.
Ya... mungkin secara umum saja, perempuan adalah makhluk yang memiliki sifat lemah lembut dan penuh kasih sayang, halus dan anggun.. sangat indah sekali itulah perempuan.
jika dilihat dari sisi biologisnya perempuan itu memiliki alat kelamin vagina,punya kelenjar susu pada payudara, mengalami menstruasi, memiliki rahim yang tentunya berpotensi untuk mengandung dan melahirkan.
Yah... itulah perempuan. yang dikenal dengan sosok keindahan. Yang banyak jadi bahan perdebatan di dunia.  Ada yang memuliakan mereka. Ada juga yang memperlakukan mereka dengan sangat tidak manusiawi.
***
Kita back to cerita zaman dahulu sebelum adanya emansipasi wanita. Dimana saat itu wanita dianggap lemah. Tidak boleh belajar dan bekerja seperti kaum laki-laki. Cuma boleh diem dirumah. Masak, ngurusin anak. Jangan sekali-kali mencoba bermimpi buat mimpi sekolah tinggi apalagi mimpi buat memimpin. Apa yang diperintahkan tu manut aja
Duuhh udah kayak boneka aja ya...
Perempuan ni manusia kali dan berhak diberlakukan layaknya manusia. Bahkan jauh sebelum itu perempuan hanya di anggap sebagai budak seks, di perjual belikan. Bahkan di anggap sebagai pembawa sial.
Bahkan pada masa kegelapan dunia, dalamperadaban Romawi, yunani, peradaban Hindu, nasip perempuan sungguhlah mengiris hati. Anak perempuan yang baru lahir di kubur hidup-hidup
Perempuan di pandang hina bahkan termasuk dalam golongan iblis untuk menggoda dan menyesatkan umat manusia, martabatnya sama seperti budak. keberadaan mereka sebelum menikah dibawah kekuasaan ayahnya. Setelah menikah, kekuasaan seorang perempuan tersebut pindah kepada tangan suaminya dan Hak hidupnya harus berakhir pada saat matinya sang suami, dibakar hidup-hidup bersamaan dengan pembakaran mayat suaminya.
Duuhh ngeri ya..
Namun setelah islam datang semua itu telah terhapuskan. Islam membawa perubahan besar terhadap nasib perempuan.
Islam sangat memuliakan kaum perempuan. Islam memandang perempuan sebagai makhluk yang mulia dan terhormat, memiliki hak dan kewajiban yang sama yang disyariatkan oleh Allah SWT.
Islam mengharamkan menganiaya dan memperbudak perempuan, apabila dilanggar maka akan di beri sanksi yang setimpal.
Di tambah lagi pergerakan emansipasi wanita yang mana kita tau gerakan ini menuntut kesetaraan hak antara laki-laki dan perempuan yang membuat bertambah majunya pergerakan generasi perempuan kita seperti zaman sekarang ini sudah banyak perempuan kita yang menduduki posisi penting di pemerintahan bahkan menjadi presiden.
Di bidang seni dan karya, bisnis, pendidikan, teknologi. Banyak sekali perubahan dan prestasi yang telah di gapai oleh perempuan-perempuan kita.
Pada prinsipnya islam memandang sama drajat manusia. Hanya iman yang membedakan kedudukan umat manusia.
Berbicara soal kedudukan manusia, baik itu laki-laki maupun perempuan adalah ciptaan allah yang sama-sama memiliki  kedudukan tinggi di muka bumi ini dengan diberi kelebihan akal untuk memudahkan perjalan hidup manusia. Serta sama-sama memiliki tugas untuk menjadi khalifah dimuka bumi.
Sama-sama di perintahkan untuk mentaati perintah Allah serta menauhi larangannya. Mengerjakan amal soleh Mencegah pada kemungkaran dan mengajak kepada kebaikan.
Larangan untuk tidak menyakiti dan mengganggu orang beriman, baik laiki-laki maupun perempuan, dan mengancam pelanggarnya dengan siksa yang pedih. Hal ini dikemukakan dalam Q.S. al-Buruj:10.
Tak ada perbedaan yang mendasar antara laki-laki dan perempuan. Hanya bagian biologis saja menjadi dasar perbedaannya. laki-laki memiliki alat reproduksi venis. Sedangkan perempuan memiliki alat reproduksi vagina. Kedua hal ini memiliki fungsional masing-masing, yang tentunya berkemampuan untuk meneruskan generasi agar tidak punah.
Dari segi aurat juga berbeda. Batas aurat laki-laki dari perut hingga lutut. Sedangkan perempuan seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.
Baik perempuan maupun laki-laki memiliki tugas yang sama sebagai hamba Allah. Seperti firman Allah dalam QS Al-hujarat : 13 yang artinya “wahai seluruh manusia, sesungguhnya kami telah menciptakan kamu (terdiri) dari laki-laki dan perempuan dan kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal, sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu adalah yang paling bertakwa
Tanpa harus saya jelaskan maksutnya pasti pembaca sudah sangat faham akan maksut dari ayat ini. Tentunya Allah menciptakan manusia terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan suku bangsa budaya dan beragam, kemudian dari keberagaman itu kita bisa saling mengenal, dan tidak ada yang mebedakan manusia satu dengan yang lain, siapa di antara mereka yang paling bertakwa maka ialah yang paling mulia baik laki-laki maupun perempuan.
***
Baiklah pembaca. Kita tinggalkan dulu ayat tadi, selanjutnya bagaimana dengan sebuah hadis yang menyatakan bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk. Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan Tirmizi dari sahabat Abu Hurairah yang artinya “saling pesan memesanlah untuk berbuat baik kepada perempuan, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok”
Dari ayat ini secara tidak langsung menyudutkan perempuan dengan menyatakan bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. hal ini terbesit dalam sebuah hadis yang menceritakan bahwa Hawa istri Adam yang di ciptakan dari tulang rusuk Adam sebelah kiri,  pada saat adam sedang tidur. Hadis ini sangat tidaklah adil untuk perempuan dan juga sangat bertentangan dengan ayat alquran yang menyatakan bahwa Allah menciptakan manusia dari sari pati tanah (QS. Al-mukminun[23] : 12)
Selain itu juga dengan ayat Alquran lainnya tentang penciptaan manusia. seperti yang ini “sesungguhnya kami telah menciptakan manusia(Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk” (QS. Al-Hijr/15:26)
Dan penciptaan manusia lebih rinci lagi dijelaskan dalam QS. Al-hajj [22] : 5. Yang artinya “Hai manusia, jika kalian dalam keraguan tentang  kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya kami telah menjadikan kalian dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar kami jelaskan kpada kalian dan kami tetapkan dalam rahim, apa yang kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian kami keluarkan kalian sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kalian sampailah pada kedewasaan, dan di antara alian ada yang di wafatkan dan ada yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kalian lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dansubulah dan membuah berbagai macam buah-buahan yng indah”.
Apakah anda masih ragu bahwa semua manusia diciptakan dari tanah? Termasuk perempuan? ssya kasih satu ayat lagi ya.. dalam QS Al-mukminun [23] :12-14 yang artinya “ dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari suatu sari pati (berasal) dari tanah. Kemudian kami jadikan sripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darahitu kami jadikan tulang berulang, lalu tulang berulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk)lain. Makan maha suci Allah, pencipta yang paling baik”.
Sangat jelas sekali dari ayat di atas bahwa penciptaan manusia awalnya dari tanah. Yaitu Adam sebagai asal muasal manusia. Adam diciptakan Allah dari tanah. Kemudian karena Adam tak bisa hidup sendiri maka Allah menciptakan pasangan untuknya yaitu Hawa yang katanya diciptakan dari tulang rusuk Adam. Untuk apa Allah menciptakan Hawa dari tulang rusuk sedangkan Allah mampu menciptakan manusia dari tanah
Dikuat lagi dengan QS Asy-Syura ayat 11 yang artinya “ (Allah) penciptalangit dan bumi. dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari sejenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikannya kamu berkembang biak dengan jalan itu tidak ada sesuatupun yang serupa dengan dia dan dia maha mendengar, maha melihat”.
Allah menciptakan pasangan untuk Adam dari jenisnya sendiri. Adam diciptakan dari tanah maka Hawa juga diciptakan dari tanah. Setelah itu mereka mempunyai keturunan yang dikawinkan silang dan terus menerus seperti itu manusia berkembang dengan pertilisasi (kawin) hingga manusia menjadi perhuni terbanyak di bumi seperti sekarang ini.
hadis yang menyatakan perempuan diciptakan dari tulang rusuk maka itu adalah bahasa khiasan untuk laki-laki agar lebih pandai memahami sikap perempuan. Lebih kepada pesan untuk laki-laki agar berbuat baik kepada istrinya. Karena untuk memahami sikap seorang perempuan di ibarat tulang yang bengkok yang mana perempuan ini memiliki sikap yang sedikit sulit dimengerti, maka harus dengan perasaan untuk memahaminya
Jadi apabila dibiarkan bengkok maka dia akan tetap bengkok, tapi jika dipaksakan untuk lurus maka iakan patah. Begitulah khiasan sikap kepribadian seorang perempuan.
Sudah cukupkah penjabaran dari saya? jadi mari kita tarik kesimpulan bahwa perempuan memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki. Sama-sama dibebani hukum, tugas, kewajiban serta larangan yang harus dijalankan dari Allah. Hanya iman yang membedakan derajat manusia. Baik itu dalam hal tugas  sebagai hamba Allah, kemasyarakatan, dan sosial lainnya tugas dan tanggung jawab sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, tentunya sama hal nya dengan laki-laki yang memiliki tugas sebagai seorang suami dan ayah dari anak-anaknya. Jadi sama kan?
***
Baiklah pembaca mari kita beranjak dan sejenak melirik kepada apa saja hak-hak perempuan??? hayooo yang sudah tau angkat tangan... mari kita pelajari sama-sama
Serangkain hak-hak dari HAM (hak asasi manusia)  yang diberikan oleh Allah sejak lahir tidak bisa dicabut atau dipindahkan, Univesal harkat martabat sebagai manusia.  Jadi apa saja hak-hak dimiliki perempuan? silahkan disimak penjabaran berikut ini dan jangan kemana-mana tetap stay bareng saya... hihihiks.. bawa slow ya biar gak boring bacanya...
Berikut ini hak-hak perempuan menurut pandangan islam
1. hak Kemanusiaan
Yaitu hak hidup, hak mendapat kemuliaan, hak kesetaraan dengan laki-laki, dan hak berpendapat dan musyawarah
2. hak Ekonomi
Perempuan mempunyai hak dalam bidang ekonomi dan mempunyai hak untuk mengembangkan diri pengelolaan harta, bisnis, jual beli. Perdagangan, persewaan, persyarikatan, dan perempuan juga di bolehkan untuk menetapkan mahar yang akan diterima dari calon suaminya. Mahar ini adalah nafkah pertama yang yang diberikan calon suami untuk calon istrinya.
3. hak Sosial
Hak sosial ini banyak ya... pokoknya segala yang berhubungan dengan kegiatan sosial. Perempuan berhak mendapatkan perlakuan baik dari manusia lain, baik posisinya sebagai saudari, anak, ibu, istri, atau nenek. Perempuan berhak memilih untuk menerima atau menolak pinangan dari seseorang dan berhak mendapat nafkah dari suaminya. Kemudian perempuan juga memiliki hak mendapatkan warisan. Perempuan juga berhak meminta cerai jika ada alasan yang dibenarkan syariat. Selanjutnya perempun berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran serta hak untuk beraktifitas.
4. hak profesi
Perempuan berhak memilih profesinya sendiri, tentunya seusai dengan kemampuan dan keinginannya. Seperti, berpolitik, mengajar, bisnis, hukum. Dan profesi-profesi lainnya.
Setiap orang baik laki-laki ataupun prempuan memiliki potensi yang sama dalam hal apapun, tidak bisa diubah-ubah bersifat universal dan tentu saja tidak seorangpun bisa megambil dan mengatur selain dirinya sendiri.  Hanya saja keinginan dan kesempatan yang berbeda dalam setiap orang.
Sejak lahir kita sudah diberi ruang bebas untuk bicara, dilatih untuk terlihat kuat, berani dan mampu memimpin. Artinya setiap orang lahir memiliki hak, tanggung jawab dan kemauan memimpin. Tapi tidak semua berani untuk mengambil resiko menjadi seorang pemimpin. Mereka lebih nyaman di pimpin orang lain. Atau mereka ingin memimpin tapi tak siap atas konsekuensi nya. Jadi jika ada perempuan yang merasa sanggup dan mampu maka kenapa tidak.
***
Pembaca, itulah sedikit materi semoga bisa menambah wawasan kita semua. Sudah selesai kita membahas soal kedudukan dan hak perempan dalam perspektif islam.
Saya rasa saya tidak perlu mengulang tentunya pembaca sudah paham akan penjabaran di atas. Bahwa untuk mengngkat derajad perempuan itu tidak akan bisa lepas dari dunia islam

Dan semua ketentuan yang sudah di tetapkan Allah untuk manusia itu tentunya untuk kebaikan manusia itu sendiri. 

Artikel Perempuan Dalam Arus Globalisasi

PEREMPUAN dalam arus GLOBALISASI
Sebagian besar semua mahasiswa di dalam kelas ku termasuk orang yang minim dalam perekonomian. Semua mahasiswa dalam kelas ku terdaftar dalam beasiswa, yang mana mahasiswa yang tercatat dan direkomendasikan dari asal sekolahnya masing-masing untuk di bimbing. Jadi harus bener-bener siap akan segala tugas dan kewajiban yang diberikan.
Mahasiswa laki-laki di kelas ku kebanyakan tinggal dimasjid. Nah aku perempuan, mau tinggal di masjid mana munkin! Bener-bener sulit masa itu karena beasiswa yang aku dapatkan, hanya sebatas biaya kulyah. Tidak langsung ke tangan mahasiswanya. Jadi buat makan, tempat tinggal, dan kebutuhan kulyah lainnya seperti buku tetep beli sendiri. Dan untuk aku cukup berat saat itu.
Mau ngambil uang dari mana coba...
Huh! katanya indonesia sudah merdeka tetapi kenapa biaya kulyah sangat mahal,  biaya hidup mahal. Untuk ukuran anak tidak mampu seperti aku tentunya biaya semua itu sangatlah mahal
banyak anak perempuan di daerah ku yang putus sekolah karena tidak punya biaya, syukur-syukur tamat SMP ada juga yang hanya tamat SD, salah satu faktor ya karena kekurangan biaya.
Aku sering mendengar pemerintah pidato. Saat itu aku masih dengan seragam sekolah ku. isi pidatonya saudara-saudara pendidikan itu penting untuk kemajuan bangsa kita. Semua anak wajib sekolah  9 tahun. wajib sih wajib, tapi biaya sekolah masih juga mahal
Biaya disini tidak hanya biaya pendidikannya tetapi juga biaya hidup karena untuk tetap melanjutkan pendidikan manusia juga butuh makan dan fasilitas, dalam bahasa kasarnya, bagaimana mau melanjutkan sekolah jika perut kelaparan
Sedangkan biaya hidup saat ini begitu mahal, yang tentunya pasti menjadi beban, Tidak hanya beban orang tua tapi juga beban seorang anak yang harus menuntut ilmu tapi harus menyesuaikan dengan kondisi keluarga
Kondisi seperti inilah yang mebuat anak berada diantara dua pilihan. melanjutkan pendidikan atau bekerja untuk membantu perekonomian keluarga
Terkhusus perempuan, dimana mereka dipandang tidak begitu perlu melnjutkan pendidikan. Karena perempuan umumnya hanya di takdirkan di dapur, disumur, dikasur, dan akan kembali ke dapur, sumur dan kasur. Ini adalah prisip zaman dahulu dan masih ada yang menjalankannya
Merekalah perempuan-perempuan yang ada pelosok negeri yang kurang mendapatkan perhatian. Mereka semua yang putus sekolah adalah bibit generasi negara yang sangat terpaksa berhenti melanjutkan pendidikan karena keterbatasan biaya. Siapa mereka? Mereka lagi-lagi kaum kami, kaum perempuan.
***
Ya.. begitulah kehidupan yang harus kita ambil pelajarannya untuk lebih tegar melangkah kedepan. Meski banyak perempuan-perempuan kita dinegeri ini yang butuh perhatian, tapi banyak juga perempuan-perempuan kita yang dapat dijadikan inspirasi karena prestasinya dan juga mengharumkan tanah air pastinya. Siapa saja mereka?
Pertama ialah Megawati Soekarno Putri, siapa yang tak mengenal beliau? Dia adalah ibu presiden, presiden perempuan pertama di indonesia. Rasanya saya sungguh bangga menjadi perempuan atas prestasi perempuan kita. dan saya jadi lebih bersemangat lagi berjuang untuk belajar
Fatmawati, siapa yang tak kenal dengan ibu fat?sudah keterlaluan kalau gak kenal dengan ibu negara pertama, istri presiden pertama indonesia,yang berasal dari bengkulu. Beliau-lah yang telah menjahit bendera merah putih untuk kemerdekaan. Fatmawati adalah sosok perempuan yang sangat cerdas, diusia 15 tahun ia sudah berdiskusi mengenai filsafat agama, hukum, politikdengan sukarno. Selain itu sosoknya yang sangatcantik dan fasionable, menambah keanggunan dan wibawa dari wajahnya yang membuat bung karno jatuh cinta kepadanya
RA kartini, Ibu kita kartini.. putri sejati..putri indonesia.. harum namanya.. bukan namanya harum, tapi nama Kartini yang sangat harum, ia adalah seorang pelopor emansipasi wanita dan perjuangannyalah yang telah mengantar kita para perempuan indonesia sehingga bisa menuntut ilmu, bekerja, mengejar pendidikan dan pengetahuan setinggi-tingginya. Tanpa harus di bedakan oleh gender. Masih diperingati sampai sekarang yang sering kita sebut dengan hari Kartini
Tri Rismaharini ia adalah seorang ibu walikota surabaya dan juga sebagai walikota terbaik ketiga versi world city mayors fondation dan 50 tokoh berpengaruh di duniversi majalah fortune. Rini Sugianto, ia adalah perempuan indonesia  dan sekarang menjadi animator kelas dunia, beberapa karyanya yang sangat terkenal yaitu, hobbit 1, hobbit 2: The Desolatiaon Of Smaug, The Adventure Of Tintin, tha avebgers, Iron Man 3, Hunger Games : Catching Fire, dan Dawn Of The Planet Of The Apes. Sri Mulyani Indrawati (SMI), SMI menjabat sebagai menteri ekonomi di kabinet pemerintahan presiden jokowi, Selajutnya Mari Eka Pangestu, yaitu seorang board of advisor indonesia services dialogue council (ISD). Susi Pudjiastuti, menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan di bawah pemerinthan presiden jokowi. Rini Soemarmo, saat ini menjabat sebagai menteri negara BUMN
Selanjutnya, Dian Pelangi, seorang desainer ternama busana-busana muslim. Karya sudah sangat terkenal baik di nasional maupun internasional. Anggun, seorang penyayi asal indonesia dan sekarang sudah mendunia. Karen Agustina, adalah seorang perempuan indonesia menjadi pengajar di internasional yaitu di harvard universiti. Sebelumnya ia adalah seorang direktur utama pertamina, BUMN migas dengan aset triliunan rupiah. Natsir, seorang pemain bulu tangkis indonesia. Dan pernah membawa pulang medali perak dalam olimpiade beijing pada tahun 2008 dengan nova widianto. Dan medali emas pada olimpiade rio de janeiro tahun 2016 bersama tontowi ahmad
Kerasnya perjuangan dan di kelilingi rintangan menjadi hilang dan ringan karena termotivasi oleh perempuan-perempuan hebat kita, tak usah jauh-jauh. Indonesia punya perempuan-perempuan hebat. Luar biasa untuk perempuan indonesia.
Itulah tadi nama-nama perempuan hebat yang dapat kita jadikan inpirasi. Dan masih banyak lagi perempuan-perempuan hebat indonesia yang berpengaruh di nasional maupun internasional, Prestasi-prestasi hebat mereka semua menyadarkan kita bahwa menjadi perempuan tidak hanya di dapur, disumur, di kasur. Kita bisa menjadi pelopor kemajuan dunia.
Hidup perempuan!!!!!!
Tetapi tidak juga hanya sibuk mengejar karir dan pendidikan ya... tetap jangan lupa akan tugas sebagai perempuan. terlebih sebagai anak, istri atau ibu, atau nenek sekalipun tentunya memiliki kewajibannya masing-masing sebagai perempuan, tergantung perannya. Kita harus menyeimbangkan dan mendapatkan keduanya
Karena kembali lagi, setiap perempuan akan merasakan yang namanya menikah, melahirkan dan menjadi ibu. Tentu juga butuh keahlian dalam mengurus rumah tangga agar terwujudnya rumah tangga sakinah mawadah warohmah. Jadi intinya kita harus mengasai keduanya
Pendidikan dan karir yang sukses, tentunya dengan tetap menjalankan kodrat sebagai perempuan. Berbanggalah wahai perempuan. Kalian bukan makhluk lemah, sejahteranya rumah tangga itu karena perempuan, karena kepiawaiannya dalam menjaga dan merawat keluarganya
Hancurnya rumah tangga, karena keteledoran perempuan. Maka jadilah perempuan yang pintar. Karena perempuan adalah madrasah pertama dari anak-anaknya. Pendidikan pertama yang akan di dapatkan seorang anak adalah pendidikan seorang ibu. Jika ingin melihat kecerdasan seorang anak. Maka lihatlah ibunya dan perempuan adalah tempat ber-asal-nya laki-laki dan perempuan.
Begitu mulianya tugas yang engkau emban wahai perempuan. Lelah letih pulang dari kerja, langsung bergerak menuju dapur, memasak untuk anak dan suami, mencuci piring, mencuci baju, menata rumah, menata taman masih sempat ia kerjakan, dan akan tetap ia kerjakan meskipun ia memiliki karir dan pendidikan yang tinggi, lalu bagaimana dengan laki-laki sepulang dari kerja? karna capek bekerja seharian, langsung membantingkan diri ke kasur. Jika di panggil oleh isrinya. paaah! Tolong bantuin mamah ngiris bawang dong biar cepet selesai masaknya. Mamah sendiri aja kenapa sih papah capek abis kerja seharian. Siapa yang seperti ini hayo?
***
Iya..................
Perempuan. Itulah dia... mereka bisa jadi air yang menyejukkan atau bahkan racun yang mematikan. Mereka bisa jadi rumah untuk tempat berlindung atau berlari karena petaka darinya. Apapun itu istilah orang memandang perempuan. Tetapi saya bangga menjadi seorang perempuan. Karena ada hal yang tak dapat ternilai dari seorang perempuan. Yaitu melahirkan, menyusui dan mendidik seorang anak adalah kondrat perempuan yang tak dapat ternilai dengan uang. Itulah perempuan..
Dari perempuan-perempuan yang sukses tadi apakah semua perempuan itu sukses seperti yang sebelumnya kita bahas? Tentu tidak.
Di tengah canggihnya kehidupan dunia, yang katanya dunia globalisasi seperti sekarang ini, masih ada perempuan-perempuan kita yang harus menjalani hidup yang keterbelakangan.
***
Baiklah mari kita mengulas beberapa kisah perempuan-perempuan ku yang malang. Yang masih keterbelakangan kehidupannya. karena harus menghadapi kenyataan seperti harus menerima kenyataan putus pendidikan.
Apa yang mereka lakukan setelah putus sekolah?
Banyak dari mereka yang memutuskan menikah. Karena sebagin orang menganggap menikah adalah solusi terbaik. Anak perempuan yang sudah menikah sudah bukan tanggung jawab keluarga lagi. Maka hidupnya sudah menjadi tanggungan suaminya. Di usia yang masih belia sudah menikah, apa yang kalian fikirkan? tentunya banyak persepsi.
Dengan menikahnya pasangan laki-laki dan perempuan tentu akan memiliki keurunan, buah hati, buah cinta, yaitu kelahiran sang anak. Dimana secara biologis perempuan yang masih muda, rentan lemah mental saat melahirkan. Tak heran jika cukup banyak perempuan kita yang meninggal saat melahirkan karena usia yang masih sangat muda
Memiliki seorang anak. Maka Bertambahlah satu penduduk, bertambahlah satu beban ekonomi, mereka yang menikah usia belia kebanyakan masih menumpang hidup dengan orang tuanya.
Kepala keluarga yang awalnya hanya menghidupkan empat orang kini bertambah menjadi enam orang. Kenapa begitu? mereka awalnya dua orang anak, istrinya, dan dirinya.
Mereka empat anggota dalam satu keluarga. Kemudian si anak pertama menikah, bertambahlah satu anggota. Setelah menikah kemudian pesangan ini mendapatkan anugrah yaitu seorang anak, ahirnya bertambah lah satu anggota lagi. Yang dari awalnya empat anggota dalam satu keluarga, sekarang menjadi enam anggota keluarga. Dengan penghasilan, pendapatan ekonomi masih seperti biasa, masih sangat minim sekali.
Jika digambarkan, ada sebuah roti untuk sarapan pagi, keluarga yang beranggotakan empat orang ini agar semua bisa makan roti maka satu buah roti itu dibagi empat dan sekarang ditambah lagi dengan dua anggota keluarga, yaitu menantu dan sang bayi. Tentu roti yang awalnya dibagi empat, makan otomatis roti ini dipotong enam bagian agar semua anggota keluarga bisa makan.
Ini adalah sebuah gambaran bagaimana sulitnya kehidupan mereka yang kadang kita tidak mau tau.
Ini kenyataan yang masih ada di negeri kita. Si Bapak yang biasa dengan penghasilan seadanya berjuang untuk kelangsungan hidup keluarga yang bekerja sebagai petani. kadang dibantu oleh menantu yang belum memiliki pekerjaan. Tentu si Bapak merasa terbebani akan hal ini. maka butuh tenaga pekerja lebih dalam satu keluarga itu.. siapa yang akan turut serta turuntangan? Perempuan
Mereka harus bekerja demi kelangsungan hidup keluarganya. Berangkat pagi pulang magrib dengan bawaan di depan menggendong sang bayi dan di belakang menggendong beronang. Beronang ini terbuat dari bambu berbentuk mangkok besar yang di gendong dengan tali di punggung badan. tapi bentuk yang ini seperti mangkok besar. Didalamnya berisi kayu bakar untuk masak,  Ya kira-kira 15 kiloan lah dan didepan mengendong sang bayi sekitaran 6 kilo, jadi bila dijumblahkan maka skitar 21 kilo lah ya... dan itu dibawa saat pulang dari ladang setiap hari.
Bisa dibayangkan? Betapa hebatnya perempuan itu? demi bertahan hidup, tinggal di pelosok-pelosok desa, sangat luar biasa bukan? dizaman modern seperti ini, ditengah canggihnya proses globalisasi yang tengah marak di kehidupan kita. mMsih ada perempuan-perempuan kita yang  hidup kekurangan di pelosok negeri.
Hal seperti ini akan terus terjadi dari generasi ke generasi jika kita terus mambiarkan hal ini terjadi. Saya tidak membicarakan mereka yang sudah maju dengan hidup dan fasilitas modern, saya membicarakan mereka yang sebagian hidupnya masih kurang perhatian dari kita semua.
Kadang terenyuh hati ketika melihat hal seperti ini. jadi ingat Ibu sendiri, mungkin Ibu ku dulu juga seperti itu saat aku masih balita. Jika mengingat ini aku jadi semangat untuk malanjutkan mengejar pendidikan. Ibulah adala kekutan yang menjadikan aku kuat seperti ini. dengan segenap kemampuan ku dan doa dari Ibu, aku akan berjuang keras untuk menyelesaikan pendidikan ku sesulit apapun itu.
***
Berbicara soal globalisasi yang tadi sempat saya singgung, globalisasi ini sebenarnya memiliki cakupan dan pengertian yang sangat luas. sedikit sulit dijabarkan dengan kata-kata, tapi berdampak dalam kehidupan kita
Ada yang menganggap globalisasi adalah solusi atas permasalahan dunia perempuan. Ada juga yang mengatakan globalisasi ini adalah musuh bagi perempuan. Sangat banyak sekali persepsi, yang pastinya berbeda-beda.
Meurut Edison A.Jamli dkk, globalisasi ialah sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan, yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain ang pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.
Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat antar masyarakat yang berada di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama
Baik pembaca, kita tarik kesimpulan dari pengertian menurut para ahli di atas. Bisa kita katakan globalisasi ini adalah sebuah proses komunikasi untuk menyampaikan informasi terbaru ke seluruh dunia, melalui media cetak atau media elektronik. Nah kemajuan komunikasi ini tentu mempercepat proses globalisasi ini sendiri. Seperti yang kita tau, dari tahun ke tahun media komunikasi ini semakin canggih saja. Sehingga komunikasi menjadi lebih lancar dan sangat mudah tanpa ada batasan jarak dan waktu.
Selain komunikasi, transportasi juga berkembang pesat karena proses globasasi. Jarak tempuh dari Negara ke Negara lain menjadi lebih cepat dan mudah.
Komunikasi dan transformasi yang maju seperti sekarang ini membuat segalanya menjadi lebih mudah. tatkala menjadi persaingan dalam dunia kerja, bisnis. Seperti iklan promosi, tentunya mudah memperkenalkan produk baru ke konsumen. Nah.. sering kali remaja dan juga perempuan yang dilibatkan dalam hal promosi ini
Ahirnya kebanyakan dari remaja kita yang lebih suka ngantri di audisi kesting penerimaan bintang iklan dari pada di perpustakaan. Seolah-olah eksistensi lebih penting buat mereka
Karena anak jadi hits tu lebih kece katanya. Kalau ada tugas sekolah atau tugas kulyah, anak-anak zaman dulu media referensinya buku, kumpulnya diperpustakaan, kalau zaman sekarang referensinya mesin pencari di handphone, lebih suka nongkrong kumpul-kumpul di tempat makan, di mall, dengan handphone di tangan masing-masing. Setiap momen mau di cekrek, dikit-dikit upload ke sosmed.
Ada berita terkini langsung aja disebarin gak tau hoax atau real yang penting udah updet duluan, hmmmm gitu ya anak gaul jaman sekarang!!!
Setuju nggak sih kalau aku bilang remaja kita adalah korban dari semua kekacauan dunia ini? yang setuju angkat tangan?....
Hmmm. Gak heran sih ya.. kita udah memasuki zaman dimana yang cantik dan ganteng selalu di puji-puji. Apa lagi kalo cantik atau ganteng trus pinter dikit, duuuhhh kayak satu negri gak ada yang gak kenal sama dia gitu...
Banyak juga yang memanfaatkan kecantikannya itu untuk mendapat nilai lebih dalam beberapa hal. Seperti pekerjaan, status dan lainnya. Seolah-olah menjual kecantikannya itu sebagai nilai lebih dari dirinya. Apakah ini tidak termasuk ke dalam jenis pelacuran? Tentu saja, sejenis pelacuran terselubung.
Eksistensi dan kecantikan selalu di junjung tinggi akhirnya banyak dari remaja kita yang salah dalam menggapai eksistensi tersebut. Pengennya yang instan! Sekali melangkah pengen langsung terkenal. Sekali kerja pengen langsung banyak duit. Ya gak jarang kalau ada perempuan yang rela menjual dirinya atau bahkan mencuri demi yang instan itu tadi
Padahal tak ada kesuksesan yang dapat diraih seperti membalikkan telapak tangan. Hanya mereka yang berfikiran sempit yang ingin meraih sesuatu secara instan. Kesuksesan tentunya dengan sebuah proses yang panjang serta harus menempuh ujian yang bertubi-tubi tanpa gengsi
Nah kebanyakan sih pada gak mau susah. Mending punya pacar simpanan suami orang yang penting duit ngalir. Gak mikir gimana ruginya didirinya sendiri. Seks bebas dimana-mana, minuman keras, judi, ya gak bahkan pedagangan perempuan. ya ini salah satu bentuk cara meraih kekayaan yang isntan dan mudah. Bagaimanapun, perempuan tetap akan selalu jatuh sebagai korban.
Sangat disayangkan. Padahal Allah begitu memulikan kaum perempuan. Sebagian perempuan tak ingin dan tak sanggup memalui hal-hal yang sulit. mereka menempuh jalan yang singkat meskipun melanggar aturan islam hanya untuk kenikmatan sementara
Padahal tidak semua wanita malam ini dari keluarga miskin. Tapi karena gaya hidup yang kacau ini sepertinya sudah menghasut fikiran mereka.
Kita hidup di bumi ini tentunya karena sebuah tujuan. Tujuan Allah menciptakan kita dan tinggal dibumi ini hanyalah untuk mengapdikan diri kepada Allah sang pencipta. Kita ni ada yang cipta-in. Kita juga numpang di bumi ini dan suatu saat bumi juga akan hancur pada saat yang sudah di tentukan. Kalau kita numpang udah pasti ada aturan-aturan yang dibuat oleh sang pemilik.
Kita ini numpang di buminya Allah. Allah punya aturan untuk hambanya yang tinggal dibumi. Tentang mana saja yang boleh dikerjakan dan mana yang tidak. Kalau gak mau nurut ya cari aja bumi yang lain kan gitu.
Jadi tak usahlah terlalu cinta dengan bumi ini karena suatu saat kita akan meninggalkannya dan kita akan kembali kepada yang menciptakan kita.
Begitulah perkembangan zaman. Semuanya selalu berubah. gaya hidup, Pakaian, makanan, tempat tinggal, transportasi, informasi dan komunikasi. semakin canggih saja. Bahan hanya hitungan detik kita bisa mengakses semuanya dari jarak jauh. kita harus pandai memanfaatkannya dalam hal yang positif.
Kalau semua perkemangan zaman mau diikuti, maka kita sama halnya dijajah. Dijajah batin karena semua hal terbaru ingin dicoba hanya demi eksistensi, tidak salah jika dunia ini semakin kacau dengan perlombaan duniawi yang tak akan pernah usai.
Hmm begitulah jika berbisara soal perkembangan zaman. Selanjutnya mari kita kembali ke pada kisah seorang perempuan yang bertahan dan berjuang untuk hidup di era kekacuan ini di bab berikutnya...



Pertama untuk membentuk karaker dan iman seorang anak maka orag tualah yang berperan penting tentunya. Jadi siapa yang lebih aktif berkontraksi dengan anak? Tentunya adalah seorang ibu
Lalu hal seperti apa yang harus di tanamkan untuk diri seorang anak dari ibu, tentunya pendidikan dan iman guna untuk membenuk karakter seorang anak. Itulah mengapa perempuan harus berpendidikan Perempuan harus pintar, karena perempuan cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas
Karakter membentuk kepribadian, kepribadian yang menentukan masa depan, masa depan yang cemerlang untuk anak maka masa depan yang cemerlang bangsa ada di tangan bibit-bibit negara yaitu anak
Jadi sebelum ibu menyampaikan pendidikan kepada seorang anak. Maka ibu-lah terlebih dahulu yang harus mendapatkan pendidikan dan iman
Untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan bagus tentunya tak lepas dari fasilitas yang memadai, termasuk sandang pangan papan disana. Tempat tinggal yang layak, pakaian yang layak dan makanan yang bergizi adalah bagian pendukung terbesar dalam membentuk karakter seorang anak dan pendidikan.
Lalu siapa yang bertanggung jawab akan hal ini? tentu saja kita semua yang sudah tentu memiliki kewajiban untuk memperhatikan hal ini. Begitu pentingnya peran perempuan dalam hal membangun bangsa tercinta. Tetapi hanya segalintir orang yang peduli akan hal ini
Masih banyak diantara kita yang menganggap bahwa pekerjaan seorang ibu adalah pekerjaan yang rendah. Karena kembali lagi pekerjaan ibu tentunya hanya sebatas dapur sumur dan kasur
Tetapi kenyataannya lebih dari itu. Seorang ibu, seorang perempuan, sangat bepengaruh dalam memajukan bangsa. Karena membentuk kepribadian, pendidikan dan iman dalam sorang anak tidaklah gampang. Butuh jurus jitu dari seorang ibu untuk membentuk karakter dalam diri anak.
Pernah mendengar istilah dibalik laki-laki hebat pasti ada perempuan hebat. Ya tentu saja.. seperti yang kita bahas sebelumnya. Laki-laki hebat tentu berawal dari karakter dan pendidikan yang ditanamkan oleh ibunya sewaktu masih kecil
Pernahkan pembaca sadari? Laki-laki hebat atau perempuan hebat, apapun pangkatnya ia tetap lahir dari seorang perempuan, dididik dan dibesarkan oleh perempuan dan menikah dengan perempuan, di rawat oleh perempuan lagi, di masakin di siapin makanan oleh perempuan, dicuci bajunya oleh perempuan, dan mendapat penerus keturunan dari perempuan

Buat laki-laki yang selalu merasa lebih hebat dari perempuan, sini deh aku jitak kepalanya biar gak sombong lagi ya... yang pasti kesuksesan laki-laki jelas tidak pernah lepas dari peran perempuan sepakat? Teriakkan dengan kencang jika anda sepakat.

APASIH ITU PACARAN YANG SEHAT???



Pacaran dalah proses pengenalan dan kesepakatan dua manusia untuk membangun hubunan yang beladaskan cinta kasih. Cinta tidak sama dengan nafsu. Nafsu hanya kan membuatmu menyesal kemudian. Sedangkan cinta dimana kamu saling menjaga, sling menerima sehingga tidak memaksakan dan mengubah pasangan untuk tidak menjadi diri sendiri

Pacaran tidak sama bagi setiap pasangan, tergantung pada agama dan kebudayaan atau lingkungan.

Dalam pacaran komunikasi sangat penting,  maka sampaikan dengan tegas apayang kamu suka dan tidak kamu suk dengan tegas. Kamu juga harus mengetahui batasan-batasan dalam pacaran, yang jika kamu langar maka kamu harus siap menerima resikonya.




Jika kamu pacaran:
Pastikan kalian tidak menyentuh dan membiarkan pacarmu untuk menyentuh 4 zona aman tubuhmu (mulut, dada, area sekitar perutdan seputar celana).

Jadi... apa itu kekerasan dalam pacaran?
Kekerasan dalam pacaran adalah kekerasan yang dilakukan dalam relasi atau hubungan berpacaran. Kekerasan mungkin dilakukanoleh pacar atau mantan pacar.

Bentuk kekerasan dalam pacaran

1. kekerasan fisik, yaitu perbuatan yang diarahkan padapenyeragan ke tubuh pasangannya berakibat pada luka fisik

2. kekerasan non fisik, yaitu semua bentuk penyerangan yang diarahkan pada perasaan, martabat, harga diri yang mngekibatkan kekerasan psikis dan kerugian (baik materil maupun non materil). Kekerasan non fisik inijuga mencakup pembatasa dan dominasi yang dilakukan olehpacar seperti cemburu berlebihan, suka mengatur atau memaksakan keinginan.

3.kekerasan seksual, yaitu penyerangan pada tubuh pasangannya dengan tujuan seksual. Jeisnya mulai dari bujuk rayu sampai pemaksaa, pelecehan seksual dan pemerkosaan.

Ingat:
Tidak ada dominasi dalam pacaran, relasi kalian adalah setara
Tujuan pacaran harus positif, dan tidak boleh merugikan salah satu atau kedua belah pihak.

Kamu punya hak untuk menolak
Kamu punya hak untuk bersepakat
Kamu punya hak untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan
Tubuh adalah onotomi mutlak yang kamu miliki.
Jika pacar sampai menyentuh tubuhmu tanpa kamu setujui, maka itu adalah bentuk kekerasan. Jangankan pacar, saudara, sahabat, bahkan orang tua harus mendapat persetujuanmu jika ingin menyentuh tubuhmu, karena itu milikmu.

Perlakuan atas tubuhmu adalah sepenuhnyakeputusanmu tanpa bisa dipengaruhi dan di dominasi oran lain. Maka kamu harus thu setiap resiko yang terjadi di setiap kegiatan yang berkenaan dengan tubuhmu.

Jalani kegiatan dengan enjoy nmun juga harus berangkat dari kesadaran, kesiapan dan kesediaan kamu di setiap kegiatan itu.

So, pacaran dengan sehat, cerdas dan bertika ya...

Yuk Promosikan Wisata yang ada di Daerahmu...


Untuk memajukan wisata yang ada di daerah kita harus melakukan beberapa gerakan usaha untuk mencapai itu. Contonya kita bisa membuat iklan yang menarik untuk di tayangkan di media televisi radio  ataupun media cetak. Itulah manfaat teknologi yang cangih ini. harusnya kita lebih bersemangat. Karena segala promosi menjadi lebih mudah.
Selanjutnya kita harus meningkatkan sarana prasarana.. seperti yang kita ketahui betapa sulit untuk mencapai objek wisata kita yang ada di pelosok2 desa.. karena minimnya sarana..bagaimana kita bisa menarik perhatian wisatawan jika kita tidak menyadiakan fasilias yan cukup.  Meningkat kemudian wajib diperhatikan mengenai keamanan, agar para wisatawan nyaman berwisata di kabupaten kita..
Yang terahir mempromosikan secara langsung kepada para wisatawan  dan mengajak mereka menyasikan sevara langsung juga obje wisata kita,, serta mengajak mereka untuk melestarikan wisata yang ada di kabapaten kita.. wisata adalah aset dari suatu daerah..wisata  dapat membantu menghsilkan rupiah.. itulah gunanya konsep ekonami kreatif, kita bisa memnfaatkan indusrti pariwisata sebagai sumber pajak dan pendapatan  perusahaan atau masya rakat yang menjual jasa kepada wisatawan. Misalnya dengan membut wisata kuliner khas daerah  di dekat objek wisata atau mungkin soufeir atau wahana permainan. semua itu adalah cara atau konsep untk menghasilkan keuntungan dari aset atau wisata yang sudah kita miliki. Selanjutnya dngan wisata suatu daerah akan dikenal. Kabupaten kita akan terknal dengan majunya wisata budaya kesenian yang ada di kabupaten kita. Wisata adalah kehidupan, jika hari libur, hari2 besar sebagian besar masyarakat kita menghabiskan waktu dengan keluarga ke suatu tempat objek wisata, jika stres lelah bekerja, atau mencari nspirasi, seperti saya jka suda habis ide untuk menulis pasti pergi ke suatu tampat wisata untuk mencari inspirasi.. intulah betapa pentingnya memajukan  pariwisata yang ada di kabupaten kita..
Ehem, aku juga buat cara mompromosikan objek wisatajika kita kedatangan tamu wisatawan dari luar
Selamat siang bapak ibu.. slamat datang di kabupaten bengkulu utara..setelah menempuh perjalanan jauh anda pasti sangat lelah.. tetapi saya jamin anda tidak salah pilih berkunjung ke kabupaten kami.. saya akan mengajak anda menjelajah kabupaten kami yang tercinta ini.... seperti yang kita tau bapak ibu.. indonesia memiliki ciri khas dari berbagai macam wisata kuliner dengan cita rasa dan bumbu rempah yang khas...tentunya daerah kami tidak ketinggalan soal makanan khas.. yang sudah siap menggugah selera anda...
Selain itu bengkulu utara juga memiliki ragam budaya yang khas dan tentunya menjadi nilai lebih dari kabupaten kami.. kekunoan budaya di kabupaten kami menjadi cirikhas tersendiri.. karena semakin kuno budaya tersebut maka semakin terlihat khas lah budaya kita... selain itu kami juga menyediakan objek wisata yang sangat menarik yang akan memanjakan mata anda dengan pemandangan alam yang begitu indah...

Dan jangan lupa sampaikan apa-apa yang menarik dan berbeda, yang penting adalh ciri khas dari daerah kamu. Semoga berhasil!

seperti apakah Reproduksi Remaja yang Sehat?



kesehatan reproduksi remaja harus memenuhi unsur-unsur:
tidak ada gangguan dan keluhan, organ tubuh berfungsi secara normal, sertasehat secara objektif yang artinya bukan hanya ‘merasa’ sehat tetpi organ juga berjalan sesuai ukuran dan fungsinya.

Reproduksi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan yang baru. Tujuannya adalah untuk mempertahankan dan melestarikan jenisnya agar tidak punah.

Reproduksi pada manusia dilakukan dengan cara generatif atau seksual dan untuk menghasilkn keturunan baru yang di awali dengan peristiwa fertilisasi/pembuahan. Untuk mampu melakukan fertilisasi, harus melalui kematangan fungsi seksual.

Pada sistem reproduksi, kita mengalamiapa yang sering kita sebut sebagai masa puber (pubertas) pada remaja, yaitu rangkaian perubahan fisik, psikis dan pematangan fungsi seksual

Pubertas adalah tanda bahwa kamu sudah matang secara reproduksi dan bisa menghasilkan keturunan, tetpi kematangan reproduksi tidak serta merta diikuti dengan kematangan psikologis atau emosional. Oleh karena itu, kamu harusbanyak mencari informasi tentang kesehatan reprodusimu sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan terkait masa depanmu.

Pubertas pada perempuan bisanya berlangsung dari usia 10-16 tahun. Pada masa pubertas, tubuhmu berkembang cepat. Tanda pubertas pada perempuan adalah kamu mendapatkan menstruasi pertama kal yang merupakan suatu pendarahan yang akan teradi secara berkala karena peluruhan dinding rahim. Kamubisa menggunakan pembalut pada masa pendarahan ini, dan bisa kamu tanyakan pada ibumu tentang bagaimana menggunaannya.

Hal penting yang jangan kamu remehkan, bicaralah pada ibumu atau kka perempuanmu tentang apa yang kamu alami terutama saat pertamakali kamu mendapatkan menstruasi, agar mereka dapat membantumu melalui masa-masa tersebut.

Pubertas atau masa kematangan alat reproduksi pada remaja pria ditandai dengan keluarnyaair mani (ejakulai) yang pertama yaitu pada saat mimpi basah atau emosi nokturnal. Hal ini merupakan peristiwa pengeluaran cairan semen/manu di saat tidur yang bisa dipicu mimpi yang erotis maupun tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri.
Beberapa remaja putra mengalami rasa tidak nyaman sehubungan dengan perkembangan lengan dan kaki. Selain itu, kamu akan mengalami perubahan suara berat, seperti suara pecah, tapi ini akan kamu lalui. Lalu di bagian wajah tumbuh kumis, juga pertumbuhan rambutdi tubuh emakin lebat.

Kamu juga akan mendapati bahwa bahwa kamuberkeringat lebih banyak dan beraroma lebih menyengat, serta tumbuh jerawat. Rajinlah membersihkan tubuhmu untuk mngurangi hal-hal yang mungkin tidak menyenangkan tersebut

Pada masa pubertas, perubahan emosmu mungkinlebihkuat dan sering. Sesaat tad kamu merasa hebat dan seaat kamudian kamu merasa jatuh. Kemu juga akan merasakan ketertarikan kepada lawan jenismu dan mungkiakan membuatmu merasa emosi dan galau.

Walaupun kamu merasa perubahan emosimu itu serin tidak terkendali, hal itu merupakan bagian dari pertumbuhan. Amu bisa melakukan olahraga, menari, menulis, musik, senirupa sebagai cara untuk melepaskan tekanan dan membantu mengendalikan emosi.

Normalnya, semua orang mengalami masa puber, maka bicaralah pada orang dewasa seperti orang tuau. Percayalah orang tuamu pun pernah mengalami masa puber, mereka akan membantumu melalui masa perubahan ini.